Sebutkan fungsi-fungsi utama sebuah kapal!
Jawab:
Kapal merupakan alat transpotasi di air,
fungsi-fungsi utama sebuah kapal adalah:
a.
Sebagai alat
angkut,
b.
Untuk Rekreasi,
c.
Sebagai alat
pertahanan & keamanan,
d.
Sebagai alat
survey atau laboratorium,
e.
Sebagai kapal
kerja
- Forecastle,
Forecastle (Agil) antara lain:
- Mempertinggi daya apung cadangan di bagian depan kapal,
- Sebagai penahan tekanan dari depan dan dari samping,
- Dapat digunakan sebagai gudang perlengkapan kapal.
- Bridge structure,
Bridge structure antara lain:
- Melindungi lubang-lubang besar diatas kamar mesin,
- Dapat dipakai untuk akomodasi awak kapal,
dll
- Poop structure
Poop structure antara lain:
- Mempertinggi daya apung cadangan bagian belakang,
- Dapat dipakai untuk akomodasi awak kapal,
- Dapat digunakan sebagai gudang perlengkapan kapal,
Macam-macam bentuk haluan (Stem):
Bentuk-bentuk buritan:
a.
Buritan counter
(counter stern)
b.
Buritan
cruiser-spoon (cruiser-spoon stern)
c.
Buritan
cruiser-spoon 2 (cruiser-spoon stern 2)
d.
Buritan full
cruiser (full cruiser stern)
e.
Buritan Eliptik
(Elliptical stern)
f.
Buritan rata
(Flat stern)
g.
Buritan cruiser
pada kapal penumpang
- ISI KOTOR (GRT)Þ Isi dari sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu yang dikecualikanatau exempted spaces (Double bottom, Fore peak tank, After peak tank, Shelter deck, Galley, Bridge, Master’s office, Ruang kosong diatas kamar mesin, dll.) atau deducted spaces yang berfungsi sebagai ruangan untuk keamanan kapal.
- ISI BERSIH (NET TONNAGE = NETTO REGISTER TON = NRT) Þ Merupakan Isi kotor (GRT) dikurangi dengan isi sejumlah ruangan yang tidak dipakai untuk mengangkut barang dagangan (muatan), antara lain: Master and crew accomodation, WC-WC, Chain locker, Chart room,Radio station, Bos’n store, Engine room, shaft tunnel atau shaft alley, escape trunk, daily consumption tank, engine store, steering engine room, engine workshop.
- ISI TOLAK atau DISPLACEMENT (Δ) atau BERAT BENAMAN Þ Displacement sebuah kapal yang terapung di air ialah berat air yang dipindahkan oleh kapal itu.
- Bobot mati atau Deadweight (DWT) adalah SEJUMLAH BERAT SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAMPUNG OLEH KAPAL SAMPAI PADA DRAFT MAKSIMUM YANG DIIJINKAN
- Tujuan pembuatannya,
- Tipe tipe kapal ditinjau dari tujuan pembuatannya, kapal dibedakan atas:
- Kapal Niaga: a). Kapal dagang, b).Kapal supply, dll
- Kapal non komersil: a). Kapal pesiar, b). Kapal pemerintah, c).Kapal meteorologi, dll
- Bahan bangunannya,
- Tipe-tipe kapal ditinjau dari bahan bangunannya, kapal dibedakan atas:
- Kapal kayu,
- Kapal baja,
- Kapal yang dibangun dengan menggunakan bahan khusus/logam ringan,
- Kapal berkulit kayu dengan kerangka dari baja ringan,
- Kapal ferro cement.
- Tenaga penggeraknya.
- Ditinjau dari tenaga penggeraknya, type-tpe kapal dibedakan atas:
- Kapal tanpa tenaga penggerak: a). Tongkang, b). Kapal suar, c). Bargas, dll
- Kapal dengan tenaga penggerak: a). Kapal layar, b). Kapal Uap, c). Kapal Motor, d). Kapal Nuklir,
JUMLAH SEKAT
KEDAP AIR TERGANTUNG DARI:
a.
Letak kamar
mesin (Engine Room atau E/R)
1)
Kapal dengan
kamar mesin dibelakang, jumlah SKA minimal 3 buah
2)
Kapal dengan
kamar mesin ditengah, jumlah SKA minimal 4
buah
b. Panjang
kapal
TRIM adalah PERBEDAAN DRAFT DEPAN DAN DRAFT BELAKANG
Ada 3 kondisi berkaitan dengan TRIM, yaitu:
a. Draft depan > Draft belakang
Þ Trimming by the bow (trim depan), kapal NUNGGING
b. Draft depan < Draft belakang
Þ Trimming by the stern (trim belakang), kapal DONGAK
c. Draft depan =
Draft belakang Þ Even keel (trim nol / kapal rata)
- BEBERAPA JENIS KEEL antara lain: a. BAR KEELS, b. FLAT PLATE KEELS, c. DUCT KEELS, d. RACING KEEL, e. FIN RACING KEEL
DUCT KEELS
merupakan salah satu tipe lunas kapal, yaitu lunas kapal yang berongga.
- STABILITAS ADALAH
KEMAMPUAN A VESSEL UNTUK KEMBALI KE KONDISI ORIGINAL ATAU POSISI g SETELAH IT TELAH
TERGANGGU OLEH FORCE LUAR
- Ada 2 macam gaya yang bekerja pada kapal yang
terapung di laut Resultante
total bobot yang garahnya
kebawah,dan gaya apung
SEKAT KEDAP AIR (SKA) Þ merupakan bagian konstruksi kapal secara melintang.
Gambarkan penampang melintang kapal dengan titik
berat (G), titik apung (B), dan titik Metacenter (M), untuk kapal pada
kondisi-kondisi: Stable equilibrium, Neutral equilibrium, Unstable
equilibrium.
FUNGSI & KEGUNAAN SEKAT KEDAP AIR :
a.
Membagi kapal
atas kompartemen-kompartemen, dengan sendirinya membagi tekanan ke bidang yang
lebih luas
b.
Mempertinggi
keselamatan kapal dalam hal bila kapal mendapat kebocoran khususnya bagian
dibawah garis air atau didekatnya, dengan adanya sekat kedap air, tidak seluruh kapal tergenang air
c.
Mempertinggi
keselamatan dengan menambah kekuatan melintang kapal
d.
Membatasi/melokalisir
bahaya-bahaya kebakaran disalah satu kompartemen atau membatasi penggenangan
sesudah salah satu kompartemen mengalami kebocoran
Gambar penampang melintang kapal dengan titik berat (G), titik
apung (B), dan titik Metacenter (M), untuk kapal pada kondisi-kondisi:
Stable equilibrium, Neutral equilibrium, Unstable equilibrium
Didalam ship’s particulars sering terdapat
data-data kapal tentang: LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard. Apa yang
dimaksud dengan LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard?. Jelaskan jawaban
saudara disertai sketsa sebagai penjelas!
Didalam ship’s particulars sering terdapat
data-data kapal tentang: LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard.
- LOA (Length Over All) Þ Panjang kapal keseluruhan, yaitu panjang yang diukur dari titik paling depan sampai titik paling belakang kapal.
- LBP (Length Between Perpendiculars) Þ Panjang kapal yang diukur dari Foreward Perpendicular (garis tegak yang melewati titik perpotongan antara loaded water line dengan linggi depan / stem) sampai Afterward Perpendicular (garis tegak yang melewati centre of rudder stock, atau garis tegak yang sebidang dengan sisi belakang dari rudderpost, atau garis tegak yang sebidang dengan gading-gading nol)
- AIR DRAFT Þ Jarak tegak yang diukur dari garis air (waterline) sampai titik tertinggi dari bagian kapal.
- Minimum Freeboard adalah jarak tegak yang diukur dari Loaded water line sampai deck line
1. MB (Moulded
Breadth) lebar dalam adalah jarak melintang dari tepi dalam plat kulit lambung
kanan sampai tepi dalam lambung kiri diukur pada bagian terluar.
2. EB (Extreme
Breadth) lebar terbesar adalah jarak melintang dari luar plat
kulit lambung kanan sampai tepi luar palat lambung kiri pada bagian kapal
terbesar.
Ukuran dalam(vertikal/tegak )
1. D (Depht)
adalah jarak tegak dari bagian lunas bawah kapal sampai bagian atas geladak dek
line
2. Sarat (d=draft)
adalah jarak tegak dari bagian lunas kapal bawah sampai bagian garis air.
3. Lambung bebas
(F=free boad) adalah jarak tegak dari garis air sampai atas geladak atau dek line.
Pada dasarnya kita mengenal 2 (dua) sistim
pengelingan, sebutkan masing-masing dengan disertai gambar penjelas.
Sebutkan plat-plat kapal yang menjadi
batas-batas dasar berganda sebuah kapal!; Untuk keperluan apakah dasar berganda sebuah
kapal itu dibangun?.
Didalam ship’s particulars sering terdapat
data-data kapal tentang: LOA, Light displacement, Deadweight. Apa yang dimaksud dengan LOA, Light
displacement, Deadweight?.
IACS adalah International Association of Classification Societies
Sambungan-sambungan bagian dari
bangunan kapal dikerjakan dengan cara pengelasan ataupun
pengelingan. Sebutkan kelebihan dan
kelemahan sambungan las jika dibandingkan dengan sambungan dengan
kelingan!.
KELEMAHAN SAMBUNGAN LAS,
ANTARA LAIN:
Jenis tabung poros baling-baling dengan
system pelumadsan air laut dan system pelumasan minyak mengapa dilapisi dengan
perunggu?
kegunaan double bottom adalah
Wrang adalah suatu
ruangan yg terbentuk adanya kerangka melintang dan membujur untuk memperkuat
konstrusi kapal di dasar berganda sebagai penopang
Apakah kegunaan
penataan lensa dan ballast
a.
HUBUNGAN KELING
BERANTAI (CHAIN RIVETING) Þ gambar (a)
b.
HUBUNGAN KELING
ZIG-ZAG (STAGGERED RIVETING) Þ gambar (b)
DASAR BERGANDA (DOUBLE BOTTOM) Þ BAGIAN DARI KONSTRUKSI KAPAL YANG DIBATASI OLEH :
a.
BAGIAN BAWAH Þ OLEH KULIT KAPAL BAGIAN BAWAH (BOTTOM SHELL PLATING)
b.
BAGIAN ATAS Þ OLEH TANK TOP (TANK TOP PLATING) ATAU PELAT DASAR DALAM (INNER BOTTOM
PLATING)
c.
BAGIAN SAMPING Þ OLEH LEMPENG SAMPING (MARGIN PLATE)
d.
BAGIAN DEPAN Þ OLEH SEKAT KEDAP AIR TERDEPAN / SEKAT PELANGGARAN (COLLISION BULKHEAD)
e.
BAGIAN BELAKANG Þ OLEH SEKAT KEDAPAIR PALING BELAKANG / SEKAT CERUK
BELAKANG ( AFTER PEAK BULKHEAD)
Dasar
berganda dibangun untuk keperluan:
a.
Bila kapal
kandas dan mengalami kebocoran, masih ada dasar yang kedap air
b.
Sebagai ruang
muatan cair, air tawar, bahan bakar, ballast, dll
c.
Membantu
mengatur stabilitas kapal
d.
Menambah
kekuatan melintang kapal
- Didalam ship’s particulars sering terdapat data-data kapal tentang: LOA, Light displacement, Deadweight.
- LOA (Length Over All) Þ Panjang kapal keseluruhan, yaitu panjang yang diukur dari titik paling depan sampai titik paling belakang kapal.
- Light displacement (LIGHT SHIP) adalah BERAT KAPAL KOSONG DITAMBAH INVENTARIS TETAP
- Deadweight (DWT) atau Bobot mati adalah SEJUMLAH BERAT SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAMPUNG OLEH KAPAL SAMPAI PADA DRAFT MAKSIMUM YANG DIIJINKAN
i.
Sebutkanlah
tugas pokok sebuah Biro Klasifikasi.
TUGAS POKOK BIRO KLASIFIKASI,ANTARA LAIN:
1)
Pengetesan
peralatan maupun perlengkapan yang ada sangkut pautnya dengan kelas kapal, baik
lambung maupun mesin.
2)
Pengadaan
survey-survey pada waktu tertentu atau pada waktu yang diminta sehubungan
dengan kelasnya, seperti survey tahunan, survey dok kering, survey pembaharuan
kelas, atau survey karena kerusakan dan lain sebagainya.
3)
Pemberian
setifikat sertifikat kelas maupun sertifikat statutory yang sangat berguna
untuk kepentingan charter kapal, jual beli kapal, terutama dalam pembesituaan
kapal-kapal dan asuransi kapal.
ii.
Sebutkanlah lima nama Biro Klasifikasi anggota IACS,
berikut tempat kedudukannya dan
tanda-tanda pengenalnya!
1.
LLOYD’S REGISTER OF SHIPPING (LR) Þ LONDON
2.
BUREAU VERITAS (BV) Þ PARIS
3.
GERMANISCHER LLOYD (GL) Þ BERLIN
4.
REGISTRO ITALIANO NAVALE (RI) Þ GENOA
5.
DET NORSKE VERITAS (NV) Þ OSLO
6.
NIPPON TEIKOKU KAIJI KYOKAI (NK) Þ TOKYO
7.
AMERICAN BUREAU OF SHIPPING (AB) Þ NEW YORK
KELEBIHAN YANG DIPEROLEH DARI PENGGUNAAN LAS :
a.
PENGURANGAN
BOBOT YANG DISEBABKAN KARENA TIDAK ADANYA TINDIHAN-TINDIHAN UJUNG-UJUNG PLAT,
PELAT-PELAT PENGISIAN, KAMPUH BILAH TUNGGAL MAUPUN GANDA, KEPALA-KEPALA PAKU
KELING, DSB
b.
SAMBUNGAN LAS
MEMPUNYAI KEKUATAN YANG HAMPIR SAMA DENGAN KEKUATAN BAGIAN-BAGIAN YANG
DIHUBUNGKAN
c.
SAMBUNGAN LAS
LEBIH KEDAP AIR DAN KEDAP MINYAK DIBANDINGKAN DENGAN SAMBUNGAN KELING, KARENA SAMBUNGAN LAS ITU LEBIH RAPAT
d.
HAMBATAN AIR
LEBIH KECIL, KARENA PERMUKAAN SAMBUNGAN DENGAN METODE LAS LEBIH RATA DAN LICIN
e.
SAMBUNGAN LAS
BEBAS DARI PENGARUH GETARAN KAPAL KARENA KUAT DAN KOKOHNYA KONSTRUKSI BANGUNAN
f.
KONSTRUKSI JADI
LEBIH SEDERHANA DAN SERASI
a.
TERJADINYA
PERUBAHAN BENTUK YANG DISEBABKAN KARENA TERJADINYA TEGANGAN KERUT DI DALAM
BAHAN. HAL INI DAPAT DIATASI DENGAN ALAT PENCEGAH RETAK (CRACK ARRESTOR)
b.
SAMBUNGAN LAS
MUTUNYA SULIT DINILAI SECARA SEDERHANA. MASALAH INI DAPAT DIATASI DENGAN
PENGGUNAAN ALAT-ALAT MODERN
Apakah
fungsi tabung poros baling-baling | Stern Tube |:
1.
Melindungi
tail shaft agar tidak aus
2.
Menjaga
agar tail shaft berputar pada tempatnya
3.
Menyediakan
stim pelumas pada tail shaft
1.
Agar
tail shaft aman dan awet
2.
Tidak
diperlukan bronze liner untuk membungkus tail shaft
3.
Bagi
kapal penumpang dan kapal barang
Macam-macam gading yaitu:
1.
Gading
nol yaitu gading yang sebidang denagn cagak kemudi
2.
Gading-gading
cermin yaitu semua gading-gading di belakang gading nol
3.
Gading-gading
simpul yaitu gading-gading sepanjang tabung poros baling-baling
4.
Gading-gading
besar yaitu gading-gading yang ukuranya lebih besar di bandingkan gading-gading
lainya
Frame/gading kegunaanya :
1.
Dengan
wrang dan balok geladak membentuk bingkai yang merupakan kekuatan melintang
utama
2.
Tempat
melekatnya kulit kapal
3.
Memberi
potongan bagin badan kapalFungsi sekat kedap air yaitu :
Mengisolasi apa bila terjadi kebaklaran agar terjadi hanya di satu ruangan
Membagi kapal dalam beberapa ruangan
Merupakan kekuatan melintang kapal setempat
Mengisolasi apa bila terjadi kebaklaran agar terjadi hanya di satu ruangan
Membagi kapal dalam beberapa ruangan
Merupakan kekuatan melintang kapal setempat
Fungsi sekat berganda yaitu:
4.
Apabila
kapal kandas mengalami kebocoran masih ada ruangan kedap air
5.
Sebagai
muatan cair,air tawar,bahan bakar,ballast dan lain-lain
6.
Sebagai
penyeimbang atau stabilitas pada kapal
7.
Menambah
kekuatan melintang
8.
Fungsi
Kulit kapal yaitu:
9.
Untuk
membuat kapal agar kedap air
10.
Untuk
menahan tegangan-tegangan membujur pada kapal baik yang berasal dari luar
seperti angin,ombak,badai dsb.maupun dari dalam seperti muatan-muatan.
Fungsi Dasar
berganda Double Bottom
1.
Merupakan
kekuatan ganda atau tambahan membujur kapal pada bagian lunas
2.
Mengisolasi
Kebocoran lunas
3.
Sebagai
tangki penyimpanan bahan bakar
4.
Sebagai
tangki Penyimpanan Air ballast.
5.
Penyimpanan
Air ballast.
Sebutkan 3 macam Wrang Serta penempatanya ?
1.
Wrang
penuh
2.
Wrang
kedap Air
3.
Wrang
terbuka
4.
Ditempatkan
dibagian lunas untuk kontruksi melintang.
berganda seluler adalah
konstrtuksi dasar berganda yg terdiri dr kerangka - Kerangka
melintang dan membujur dan membentuk sejumlah kotak2 atau sel2,
baik berbentuk tanki maupun bukan tanki.
ciri-ciri dasar berganda melintang adalah:k
1. dengan wrang
penuh
2. dengan wrang
terbuka
cirri-ciri dasar berganda membujur adalah “
1. dengan wrang
penuh dan
2. dengan wrang
tertutup
Bagaimana pemberian tan da pd lajur kulit
kapal dan gambarkan:
Tanda pd lajur
: dimulai dr bagian atas secara alaphabatis A,B,C,D dst kecuali I.
Nomor pd lajur
: secara berurutan dari belakang ke
depan atau dari
depan ke belakang.
bagaimana ketentuan mengenai dasar berganda
menurut solas 74, terangkan dan gambarkan
1. dikapal yg
panjangnya 50 meter dan kurang dr 61 meter (200 kaki) harus di pasanng dasar
berganda paling sedikit dr sekat di depan kamar mesin sampai dg sekat kedap
depan.
2. kapal yg
panjangnya 61 metr (200 kaki) dan kurang dari 76 m (249 kaki) harus dipassang
dasar berganda paling sedikit dari sekat kamar mesin diteruskan sampai ke sekat
ceruk haluan dan sekat ceruk buritan.
3. dikapal yg
panjang nya 76 m (249 kaki) atau lebih harus dipasang dasar berganda dr sekat
ceruk haluan sampai buritan atau sedekat mungkin dg sekat Tersebut
1. bila kapal
kandas, masih ada dasar yg kedap air
2. segai ruang
muatan cair, air tawar, BB, ballast,dll
3. dengan air
ballast dp membantu stabilited dan baling2 kapal.
4. Menambah
kekuatan melintang kapal.
pemberian nomor dan tanda pada gading -
gading
·
biasanya
diberi no dari belakang ke depan yg di mulai dr gading no 0 / gading buritan.
·
Gading
no 0 / gading buritan terletak sebidang dg bidang tegak belakang
·
Bidang tegak
belakang biasanya di ambil pd tegak kemudi
·
Gading
sebelah belakang gading no 0 di beri no urut 1,2,3,dst. (-).
Net tonnage adalah volume isi sebuah kaqpal di kurangi jumlah isi
ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.
NRT (net tonnage =netto register ton = isi bersih)adalah volume atau
isi sebuah kpl dikurangi dg jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk
mengangkut muatan.
Load displacement = berat benaman dimuati penuh adalah jumlah berat
kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl tsb dimuati sampai mencapai
sarat maksimum yg di ijinkan.
Light displacement = berat benaman kpl k,osong adalah jumlah berat
kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl kosong tanpa muatan.
Volu,me of displacement = isi benaman adalah jumlah berat
kapal dan semuanya yg ada pd kpl pd saat kpl kosong tanpa muatan.
Extreme breadth adalah jarak melintang dr suatu titik terjauh, sebelah kanan
badan kapal di ukur pd lebar terbesar dan sejajar lunas.
Geladak utama adalah bagiuan kapal untuk menjamin tekanan2 baik dr atas
maupun samping kpl.
Displacement adalah jumlah berat kpl dan segalanya yg ada pd kpl tsb dan
di nyhatakan dlm long tone.
Dopuble bottom adalah bagian dr konstruksi yg di batasi yaitu, bagian bawah
yaitu kulit kpl, bagian atas yaitu tank top, bagian samping yaitu labung
samping.
Dead weight adalah daya angkut / miuat kapal. Selisih antara laoded
displacement dikurang light displacement.
Gross tonnage = bruto register ton = BRT adalah volume atau isi
sebuah kapal dg isi sejumlah ruangan tertentu untuk keamanan kapal ( deducted
space ).
Cofferdam adalah tanki kosong yg gunanya memisahkan tanki2 double bottom yg isi nya cairan
yg berbeda menampung keringat dr ke dua tanki.
Fungsi Sekat kedap air adalah
·
membagi
kpl atas kompartement - kompartement
·
mempertinggi
keselamatan kpl bila kpl mendapat kebocoran di bawah permukaan air.
·
Menambah
kekuatan melintang kpl.
perbedaan pokok antara penataan ballast dan penataan lensa:
penataan ballast :
·
mengisap
dan mengisi
·
tak
mempunyai non return valve,
·
ujung
pipa isap dan ngisi berbentuk terompet dan tanpa
saringan.
·
ujung
pipa isap dan ngisi terdapat ddlm tanki ballas.
Penataan lensa :
·
Hanya
mengisap
·
memakai
non return valve
·
ujung
pipa isap berbentuk bulat dan memakai saringan
·
ujung
pipa isap terdapat dlm got palka k.mesin
1. Pompa Lensa
digerakan dengan teanga sendiri,dengan tenaga mesin induk atau dengan tenaga
manual
2. Pompa Ballast
digerakan denga tenaga sendiri saja dan lebih kuat
3. Lemari pembagi pipa
Pada penataan lensa ada return Valve pada penataan ballast tidak ada.
4. Ujung pipa
hisap pada penataan ballast bentuk melebar tanpa kotak saringan.
5. Penataan lensa
untuk Keselamatan kapal dan penataan ballast Untuk Memperbaiki Keseimbangan
kapal
MERKAH
KAMBANGAN
( PLIMSOLL MARK ) Ialah Sebuah tanda pada kedua lambung kapal untuk membatasi sarat maksimum. Tanda ini dibuat dengan maksud agar setiap kapal membatasi berat muatan yang diangkutnya sesuai dengan jenis kapal dan musim yang berlaku di tempat dimana kapal tersebut berlayar GARIS Dek ( Deck Line ) |
mantap blognya
BalasHapus