KONTRUKSI DAN STABILITAS KAPAL





 


Sebutkan fungsi-fungsi utama sebuah kapal!
Jawab:
Kapal merupakan alat transpotasi di air, fungsi-fungsi utama sebuah kapal adalah:
a.       Sebagai alat angkut,
b.      Untuk Rekreasi,
c.       Sebagai alat pertahanan & keamanan,
d.      Sebagai alat survey atau laboratorium,
e.       Sebagai kapal kerja 



Pada Three Island Ship terdapat forecasle, bridge structure dan poop structure. Sebutkanlah kegunaan dari:
    1. Forecastle,
                             Forecastle (Agil) antara lain:
        1. Mempertinggi daya apung cadangan di bagian depan kapal,
        2. Sebagai penahan tekanan dari depan dan dari samping,
        3. Dapat digunakan sebagai gudang perlengkapan kapal.

    1. Bridge structure,
Bridge structure antara lain:
        1. Melindungi lubang-lubang besar diatas kamar mesin,
        2. Dapat dipakai untuk akomodasi awak kapal,
dll
    1. Poop structure
Poop structure antara lain:
        1. Mempertinggi daya apung cadangan bagian belakang,
        2. Dapat dipakai untuk akomodasi awak kapal,
        3. Dapat digunakan sebagai gudang perlengkapan kapal,


 
Sebutkan macam-macam bentuk haluan dan buritan sebuah kapal. Tunjukkan bentuk­bentuk tersebut masing-masing dengan sketsa sederhana.
Macam-macam bentuk haluan (Stem):
 



              Bentuk-bentuk buritan:
a.       Buritan counter (counter stern)
b.      Buritan cruiser-spoon (cruiser-spoon stern)
c.       Buritan cruiser-spoon 2 (cruiser-spoon stern 2)
d.      Buritan full cruiser (full cruiser stern)
e.       Buritan Eliptik (Elliptical stern)
f.       Buritan rata (Flat stern)
g.      Buritan cruiser pada kapal penumpang
  

Apakah yang dimaksud dengan kemudi berimbang dan semi berimbang, jelaskan dengan gambar seperlunya untuk menunjukkan perbedaannya!


Apa yang dimaksud dengan Isi kotor, Isi bersih, Isi tolak, Bobot mati?, jelaskan dengan singkat jawaban saudara! 
  • ISI KOTOR (GRT)Þ Isi dari sebuah kapal dikurangi dengan isi sejumlah ruangan tertentu yang dikecualikanatau exempted spaces (Double bottom, Fore peak tank, After peak tank, Shelter deck, Galley, Bridge, Master’s office, Ruang kosong diatas kamar mesin, dll.) atau deducted spaces yang berfungsi sebagai ruangan untuk keamanan kapal.    
                                                                                  
  • ISI BERSIH (NET TONNAGE = NETTO REGISTER TON = NRT) Þ Merupakan Isi kotor (GRT)    dikurangi dengan isi sejumlah ruangan yang tidak dipakai untuk mengangkut barang             dagangan (muatan), antara lain: Master and crew accomodation, WC-WC, Chain locker, Chart room,Radio station, Bos’n store, Engine room, shaft tunnel atau shaft alley, escape trunk, daily   consumption tank, engine store, steering engine room, engine workshop.
  
  • ISI TOLAK atau DISPLACEMENT (Δ) atau BERAT BENAMAN Þ Displacement sebuah kapal yang terapung di air ialah berat air yang dipindahkan oleh kapal itu.
 
  • Bobot mati atau Deadweight (DWT) adalah SEJUMLAH BERAT SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAMPUNG OLEH KAPAL SAMPAI PADA DRAFT MAKSIMUM YANG DIIJINKAN
 

Jenis kapal atau tipe kapal sangat dipengaruhi oleh antara lain: tujuan pembuatannya, bahan bangunannya, tenaga penggeraknya, bentuk pengapalannya, daerah pengoperasiannya. Sebutkanlah tipe-tipe jika kapal ditinjau dari:
    1. Tujuan pembuatannya,
      1. Tipe tipe kapal ditinjau dari tujuan pembuatannya, kapal dibedakan atas:
        1. Kapal Niaga: a). Kapal dagang, b).Kapal supply, dll
        2. Kapal non komersil: a). Kapal pesiar, b). Kapal pemerintah, c).Kapal meteorologi, dll 

    1. Bahan bangunannya,
      1. Tipe-tipe kapal ditinjau dari bahan bangunannya, kapal dibedakan atas:
        1. Kapal kayu,
        2. Kapal baja,
        3. Kapal yang dibangun dengan menggunakan bahan khusus/logam ringan,
        4. Kapal berkulit kayu dengan kerangka dari baja ringan,
        5. Kapal ferro cement.

    1. Tenaga penggeraknya.
      1. Ditinjau dari tenaga penggeraknya, type-tpe kapal dibedakan atas:
        1. Kapal tanpa tenaga penggerak: a). Tongkang, b). Kapal suar, c). Bargas, dll
        2. Kapal dengan tenaga penggerak: a). Kapal layar, b). Kapal Uap, c). Kapal Motor, d). Kapal Nuklir, 


Berapa banyak sekat kedap air yang seharusnya dipasang di kapal? Terangkan jawaban anda!
                         JUMLAH SEKAT KEDAP AIR TERGANTUNG DARI:
a.       Letak kamar mesin (Engine Room atau E/R)
1)      Kapal dengan kamar mesin dibelakang, jumlah SKA minimal 3 buah
2)      Kapal dengan kamar mesin ditengah, jumlah SKA minimal        4 buah

b.      Panjang kapal



Apa yang dimaksud dengan TRIM kapal?, ada berapa kondisi berkaitan dengan TRIM tersebut?, jelaskan dengan singkat jawaban saudara!
              TRIM  adalah PERBEDAAN DRAFT DEPAN DAN DRAFT BELAKANG
              Ada 3 kondisi berkaitan dengan TRIM, yaitu:
a.   Draft depan  >  Draft belakang Þ Trimming by the bow (trim depan), kapal NUNGGING
b. Draft depan  <  Draft belakang Þ Trimming by the stern (trim belakang), kapal DONGAK
c.  Draft depan  =  Draft belakang Þ Even keel (trim nol / kapal rata)      
             


Sebutkan jenis-jenis lunas kapal yang saudara ketahui, buatlah sketsa dari DUCT KEEL.
    1. BEBERAPA JENIS KEEL antara lain: a.  BAR KEELS, b.  FLAT PLATE KEELS, c.  DUCT KEELS, d.  RACING KEEL, e. FIN RACING KEEL
DUCT KEELS merupakan salah satu tipe lunas kapal, yaitu lunas kapal yang berongga.
 




Apa yang dimaksud dengan Stabilitas kapal ?, Ada berapa macam gaya yang bekerja pada kapal yang terapung di laut?, jelaskan jawaban saudara!
- STABILITAS ADALAH KEMAMPUAN A VESSEL UNTUK KEMBALI KE KONDISI  ORIGINAL ATAU POSISI    g  SETELAH IT TELAH TERGANGGU OLEH FORCE LUAR 


-    Ada 2 macam gaya yang bekerja pada kapal yang terapung di laut Resultante total bobot yang garahnya kebawah,dan gaya apung


SEKAT KEDAP AIR (SKA) Þ merupakan bagian konstruksi  kapal secara melintang.
 FUNGSI & KEGUNAAN SEKAT KEDAP AIR :

a.       Membagi kapal atas kompartemen-kompartemen, dengan sendirinya membagi tekanan ke bidang yang lebih luas
b.      Mempertinggi keselamatan kapal dalam hal bila kapal mendapat kebocoran khususnya bagian dibawah garis air atau didekatnya, dengan adanya sekat         kedap air, tidak seluruh kapal tergenang air
c.       Mempertinggi keselamatan dengan menambah kekuatan melintang kapal
d.      Membatasi/melokalisir bahaya-bahaya kebakaran disalah satu kompartemen atau membatasi penggenangan sesudah salah satu kompartemen mengalami kebocoran 



Gambarkan penampang melintang kapal dengan titik berat (G), titik apung (B), dan titik Metacenter (M), untuk kapal pada kondisi-kondisi: Stable equilibrium, Neutral equilibrium, Unstable equilibrium.
 
Gambar penampang melintang kapal dengan titik berat (G), titik apung (B), dan titik Metacenter (M), untuk kapal pada kondisi-kondisi: Stable equilibrium, Neutral equilibrium, Unstable equilibrium
Didalam ship’s particulars sering terdapat data-data kapal tentang: LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard. Apa yang dimaksud dengan LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard?. Jelaskan jawaban saudara disertai sketsa sebagai penjelas!  
Didalam ship’s particulars sering terdapat data-data kapal tentang: LOA, LBP, Air draft, Minimum Freeboard.
 
    1. LOA (Length Over All) Þ Panjang kapal keseluruhan, yaitu panjang yang diukur dari titik paling depan sampai titik paling belakang kapal.
    2. LBP (Length Between Perpendiculars) Þ Panjang kapal yang diukur dari Foreward Perpendicular (garis    tegak yang melewati titik perpotongan antara loaded water line dengan linggi depan / stem) sampai Afterward Perpendicular (garis tegak yang melewati centre of rudder stock, atau garis tegak yang sebidang dengan sisi belakang dari rudderpost, atau garis tegak yang sebidang dengan gading-gading nol) 
    3. AIR DRAFT Þ Jarak tegak yang diukur dari garis air (waterline) sampai titik tertinggi dari bagian kapal.
    4. Minimum Freeboard adalah jarak tegak yang diukur dari Loaded water line sampai deck line


1.      MB (Moulded Breadth) lebar dalam adalah jarak melintang dari tepi dalam plat kulit lambung kanan sampai tepi dalam lambung kiri diukur pada bagian terluar.
2.      EB (Extreme Breadth) lebar terbesar adalah jarak melintang dari luar plat kulit lambung kanan sampai tepi luar palat lambung kiri pada bagian kapal terbesar.


Ukuran dalam(vertikal/tegak )
1.      D (Depht) adalah jarak tegak dari bagian lunas bawah kapal sampai bagian atas geladak dek line
2.      Sarat (d=draft) adalah jarak tegak dari bagian lunas kapal bawah sampai bagian garis air.
3.      Lambung bebas (F=free boad) adalah jarak tegak dari garis air sampai atas geladak atau dek line.


Pada dasarnya kita mengenal 2 (dua) sistim pengelingan, sebutkan masing-masing dengan disertai gambar penjelas.

a.       HUBUNGAN KELING BERANTAI (CHAIN RIVETING) Þ gambar (a)
b.      HUBUNGAN KELING ZIG-ZAG (STAGGERED RIVETING) Þ gambar (b)

Sebutkan plat-plat kapal yang menjadi batas-batas dasar berganda sebuah kapal!; Untuk keperluan apakah dasar berganda sebuah kapal itu dibangun?.
DASAR BERGANDA (DOUBLE BOTTOM) Þ BAGIAN DARI KONSTRUKSI KAPAL YANG DIBATASI OLEH :
a.       BAGIAN BAWAH Þ OLEH KULIT KAPAL BAGIAN BAWAH         (BOTTOM SHELL PLATING)
b.      BAGIAN ATAS Þ OLEH TANK TOP (TANK TOP PLATING)             ATAU PELAT DASAR DALAM (INNER BOTTOM        PLATING)
c.       BAGIAN SAMPING Þ OLEH LEMPENG SAMPING (MARGIN PLATE)
d.      BAGIAN DEPAN Þ OLEH SEKAT KEDAP AIR TERDEPAN /           SEKAT PELANGGARAN (COLLISION BULKHEAD)
e.       BAGIAN BELAKANG Þ OLEH SEKAT KEDAPAIR PALING BELAKANG / SEKAT CERUK BELAKANG ( AFTER PEAK BULKHEAD)
Dasar berganda dibangun untuk keperluan:
a.       Bila kapal kandas dan mengalami kebocoran, masih ada dasar yang kedap air
b.      Sebagai ruang muatan cair, air tawar, bahan bakar, ballast, dll
c.       Membantu mengatur stabilitas kapal
d.      Menambah kekuatan melintang kapal

Didalam ship’s particulars sering terdapat data-data kapal tentang: LOA, Light displacement, Deadweight. Apa yang dimaksud dengan LOA, Light displacement, Deadweight?.
    1. Didalam ship’s particulars sering terdapat data-data kapal tentang: LOA, Light displacement, Deadweight.
    2. LOA (Length Over All) Þ Panjang kapal keseluruhan, yaitu panjang yang diukur dari titik paling depan sampai titik paling belakang kapal.
    3. Light displacement (LIGHT SHIP) adalah BERAT KAPAL KOSONG DITAMBAH INVENTARIS TETAP
    4. Deadweight (DWT) atau Bobot mati adalah SEJUMLAH BERAT SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAMPUNG OLEH KAPAL SAMPAI PADA DRAFT MAKSIMUM YANG DIIJINKAN

IACS adalah International Association of Classification Societies
                                                              i.      Sebutkanlah tugas pokok sebuah Biro Klasifikasi.
TUGAS POKOK BIRO KLASIFIKASI,ANTARA LAIN:
1)      Pengetesan peralatan maupun perlengkapan yang ada sangkut pautnya dengan kelas kapal, baik lambung maupun mesin.
2)      Pengadaan survey-survey pada waktu tertentu atau pada waktu yang diminta sehubungan dengan kelasnya, seperti survey tahunan, survey dok kering, survey pembaharuan kelas, atau survey karena kerusakan dan lain sebagainya.
3)      Pemberian setifikat sertifikat kelas maupun sertifikat statutory yang sangat berguna untuk kepentingan charter kapal, jual beli kapal, terutama dalam pembesituaan kapal-kapal dan asuransi kapal.

                                                            ii.      Sebutkanlah lima nama Biro Klasifikasi anggota IACS, berikut tempat kedudukannya dan tanda-tanda pengenalnya!
1.      LLOYD’S REGISTER OF SHIPPING (LR) Þ LONDON
2.      BUREAU VERITAS (BV) Þ PARIS
3.      GERMANISCHER LLOYD (GL) Þ BERLIN
4.      REGISTRO ITALIANO NAVALE (RI) Þ GENOA
5.      DET NORSKE VERITAS (NV) Þ OSLO
6.      NIPPON TEIKOKU KAIJI KYOKAI (NK) Þ TOKYO
7.      AMERICAN BUREAU OF SHIPPING (AB) Þ NEW YORK

Sambungan-sambungan bagian dari bangunan kapal dikerjakan dengan cara pengelasan ataupun pengelingan. Sebutkan kelebihan dan kelemahan sambungan las jika dibandingkan dengan sambungan dengan kelingan!.
              KELEBIHAN YANG DIPEROLEH DARI PENGGUNAAN LAS :
a.       PENGURANGAN BOBOT YANG DISEBABKAN KARENA TIDAK ADANYA TINDIHAN-TINDIHAN UJUNG-UJUNG PLAT, PELAT-PELAT PENGISIAN, KAMPUH BILAH TUNGGAL MAUPUN GANDA, KEPALA-KEPALA PAKU KELING, DSB
b.      SAMBUNGAN LAS MEMPUNYAI KEKUATAN YANG HAMPIR SAMA DENGAN KEKUATAN BAGIAN-BAGIAN YANG DIHUBUNGKAN
c.       SAMBUNGAN LAS LEBIH KEDAP AIR DAN KEDAP MINYAK DIBANDINGKAN DENGAN SAMBUNGAN KELING, KARENA SAMBUNGAN LAS ITU LEBIH RAPAT
d.      HAMBATAN AIR LEBIH KECIL, KARENA PERMUKAAN SAMBUNGAN DENGAN METODE LAS LEBIH RATA DAN LICIN
e.       SAMBUNGAN LAS BEBAS DARI PENGARUH GETARAN KAPAL KARENA KUAT DAN KOKOHNYA KONSTRUKSI BANGUNAN
f.       KONSTRUKSI JADI LEBIH SEDERHANA DAN SERASI

             KELEMAHAN SAMBUNGAN  LAS, ANTARA LAIN:
a.       TERJADINYA PERUBAHAN BENTUK YANG DISEBABKAN KARENA TERJADINYA TEGANGAN KERUT DI DALAM BAHAN. HAL INI DAPAT DIATASI DENGAN ALAT PENCEGAH RETAK (CRACK ARRESTOR)
b.      SAMBUNGAN LAS MUTUNYA SULIT DINILAI SECARA SEDERHANA. MASALAH INI DAPAT DIATASI DENGAN PENGGUNAAN ALAT-ALAT MODERN

        Apakah fungsi tabung poros baling-baling | Stern Tube |:
1.      Melindungi tail shaft agar tidak aus
2.      Menjaga agar tail shaft berputar pada tempatnya
3.      Menyediakan stim pelumas pada tail shaft


Jenis tabung poros baling-baling dengan system pelumadsan air laut dan system pelumasan minyak mengapa dilapisi dengan perunggu?
1.      Agar tail shaft aman dan awet
2.      Tidak diperlukan bronze liner untuk membungkus tail shaft
3.      Bagi kapal penumpang dan kapal barang

Macam-macam gading yaitu:
1.      Gading nol yaitu gading yang sebidang denagn cagak kemudi
2.      Gading-gading cermin yaitu semua gading-gading di belakang gading nol
3.      Gading-gading simpul yaitu gading-gading sepanjang tabung poros baling-baling
4.      Gading-gading besar yaitu gading-gading yang ukuranya lebih besar di bandingkan gading-gading lainya

              Frame/gading kegunaanya :
1.      Dengan wrang dan balok geladak membentuk bingkai yang merupakan kekuatan melintang utama
2.      Tempat melekatnya kulit kapal
3.      Memberi potongan bagin badan kapalFungsi sekat kedap air yaitu :
Mengisolasi apa bila terjadi kebaklaran agar terjadi hanya di satu ruangan
Membagi kapal dalam beberapa ruangan
Merupakan kekuatan melintang kapal setempat

             Fungsi sekat berganda yaitu:
4.      Apabila kapal kandas mengalami kebocoran masih ada ruangan kedap air
5.      Sebagai muatan cair,air tawar,bahan bakar,ballast dan lain-lain
6.      Sebagai penyeimbang atau stabilitas pada kapal
7.      Menambah kekuatan melintang
8.      Fungsi Kulit kapal yaitu:
9.      Untuk membuat kapal agar kedap air
10.  Untuk menahan tegangan-tegangan membujur pada kapal baik yang berasal dari luar seperti angin,ombak,badai dsb.maupun dari dalam seperti muatan-muatan.

     Fungsi Dasar berganda Double Bottom
    1.      Merupakan kekuatan ganda atau tambahan membujur kapal pada bagian lunas
    2.      Mengisolasi Kebocoran lunas
    3.      Sebagai tangki penyimpanan bahan bakar
    4.      Sebagai tangki Penyimpanan Air ballast.
    5.      Penyimpanan Air ballast.

     Sebutkan 3 macam Wrang Serta penempatanya ?
   1.      Wrang penuh
   2.      Wrang kedap Air
   3.      Wrang terbuka
   4.      Ditempatkan dibagian lunas untuk kontruksi melintang.

berganda seluler adalah konstrtuksi dasar berganda yg terdiri dr kerangka - Kerangka  melintang  dan membujur dan membentuk sejumlah kotak2 atau sel2, baik berbentuk tanki maupun bukan tanki.

      ciri-ciri dasar berganda melintang adalah:k
1.      dengan wrang penuh
2.      dengan wrang terbuka

      cirri-ciri dasar berganda membujur adalah “
1.      dengan wrang penuh dan
2.      dengan wrang tertutup

Bagaimana pemberian tan da pd lajur kulit kapal dan gambarkan:
Tanda pd lajur : dimulai dr bagian atas secara alaphabatis A,B,C,D dst kecuali I.
Nomor pd lajur : secara berurutan dari belakang ke
depan atau dari depan ke belakang.

bagaimana ketentuan mengenai dasar berganda menurut solas 74, terangkan dan gambarkan
1.      dikapal yg panjangnya 50 meter dan kurang dr 61 meter (200 kaki) harus di pasanng dasar berganda paling sedikit dr sekat di depan kamar mesin sampai dg sekat kedap depan.
2.      kapal yg panjangnya 61 metr (200 kaki) dan kurang dari 76 m (249 kaki) harus dipassang dasar berganda paling sedikit dari sekat kamar mesin diteruskan sampai ke sekat ceruk haluan dan sekat ceruk buritan.
3.      dikapal yg panjang nya 76 m (249 kaki) atau lebih harus dipasang dasar berganda dr sekat ceruk haluan sampai buritan atau sedekat mungkin dg sekat Tersebut
 
       kegunaan double bottom adalah
1.      bila kapal kandas, masih ada dasar yg kedap air
2.      segai ruang muatan cair, air tawar, BB, ballast,dll
3.      dengan air ballast dp membantu stabilited dan baling2 kapal.
4.      Menambah kekuatan melintang kapal.

        pemberian nomor dan tanda pada gading - gading
·         biasanya diberi no dari belakang ke depan yg di mulai dr gading no 0 / gading buritan.
·         Gading no 0 / gading buritan terletak sebidang dg bidang tegak belakang
·         Bidang tegak belakang biasanya di ambil pd tegak kemudi
·         Gading sebelah belakang gading no 0 di beri no urut 1,2,3,dst. (-).


Net tonnage adalah volume isi sebuah kaqpal di kurangi jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.

NRT (net tonnage =netto register ton = isi bersih)adalah volume atau isi sebuah kpl dikurangi dg jumlah isi ruangan2 yg td dp dipakai untuk mengangkut muatan.

Load displacement = berat benaman dimuati penuh adalah jumlah berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl tsb dimuati sampai mencapai sarat maksimum yg di ijinkan.

Light displacement = berat benaman kpl k,osong adalah jumlah berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl kosong tanpa muatan.

Volu,me of displacement = isi benaman adalah jumlah berat kapal dan semuanya yg ada pd kpl pd saat kpl kosong tanpa muatan.

Extreme breadth adalah jarak melintang dr suatu titik terjauh, sebelah kanan badan kapal di ukur pd lebar terbesar dan sejajar lunas.

Geladak utama adalah bagiuan kapal untuk menjamin tekanan2 baik dr atas maupun samping kpl.
Displacement adalah jumlah berat kpl dan segalanya yg ada pd kpl tsb dan di nyhatakan dlm long tone.

Dopuble bottom adalah bagian dr konstruksi yg di batasi yaitu, bagian bawah yaitu kulit kpl, bagian atas yaitu tank top, bagian samping yaitu labung samping.

Dead weight adalah daya angkut / miuat kapal. Selisih antara laoded displacement dikurang light displacement.

Gross tonnage = bruto register ton = BRT adalah volume atau isi sebuah kapal dg isi sejumlah ruangan tertentu untuk keamanan kapal ( deducted space ).

Cofferdam adalah tanki kosong yg gunanya memisahkan tanki2 double bottom yg isi nya cairan yg berbeda menampung keringat dr ke dua tanki.


Wrang adalah suatu ruangan yg terbentuk adanya kerangka melintang dan membujur untuk memperkuat konstrusi kapal di dasar berganda sebagai penopang


 
Fungsi Sekat kedap air adalah
·         membagi kpl atas kompartement - kompartement
·         mempertinggi keselamatan kpl bila kpl mendapat kebocoran di bawah permukaan air.
·         Menambah kekuatan melintang kpl.


perbedaan pokok antara penataan ballast dan penataan lensa:
penataan ballast :
·         mengisap dan mengisi
·         tak mempunyai non return valve,
·         ujung pipa isap dan ngisi berbentuk terompet dan tanpa
saringan.
·         ujung pipa isap dan ngisi terdapat ddlm tanki ballas.

Penataan lensa :
·         Hanya mengisap
·         memakai non return valve
·         ujung pipa isap berbentuk bulat dan memakai saringan
·         ujung pipa isap terdapat dlm got palka k.mesin



Apakah kegunaan penataan lensa dan ballast
1.      Pompa Lensa digerakan dengan teanga sendiri,dengan tenaga mesin induk atau dengan tenaga manual
2.      Pompa Ballast digerakan denga tenaga sendiri saja dan lebih kuat
3.      Lemari pembagi pipa Pada penataan lensa ada return Valve pada penataan ballast tidak ada.
4.      Ujung pipa hisap pada penataan ballast bentuk melebar tanpa kotak saringan.
5.  Penataan lensa untuk Keselamatan kapal dan penataan ballast Untuk Memperbaiki Keseimbangan kapal
MERKAH KAMBANGAN
( PLIMSOLL MARK )
Ialah
Sebuah tanda pada kedua lambung kapal untuk membatasi sarat maksimum. Tanda ini dibuat dengan maksud agar setiap kapal membatasi berat muatan yang diangkutnya sesuai dengan jenis kapal dan musim yang berlaku di tempat dimana kapal tersebut berlayar
GARIS Dek ( Deck Line )


Komentar

Posting Komentar