PERAWATAN PERMESINAN


http://uad-ukp.blogspot.com
 http://www.ersel-eng.com/client/web/ortak/images/mekanik_sistemler_tanitim_resim_en.jpg


·         Jelaskan maksud dan tujuan sistem perawatan dan perbaikan mesin?
   Jawab :
o   Memahami maksud dan tujuan pemeliharaan permesinan kapal
o   Memahami struktur organisasi dan tim kerja
o   Memahami rencana perawatan dan perbaikan mesin
o   Memahami jadwal dan jurnal kerja
o   Memahami cara penggunaan dan penyipanan peralatan kerja dan suku cadang

·         Sebutkan jenis2 packing dan dimana packing digunakan?
   Jawab :
o   Klingrit packing, gunanya : untuk permukaan / flens penerima panas, uap (steam), gas buang (hexos gas) peralatan beban berat.
o   Rubber (karet) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan air tawar, air laut.
o   Cartoon (karton) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan angin/udara bertekanan, semua katup udara / angin, kompresor.
o   Oil (minyak) packing, gunanya: untuk permukaan / flens penerima tekanan minyak pelumas (lumb oil), minyak bahan bakar (fuel oil)
o   Asbestos packing, gunanya: untuk membungkus pipa2 uap panas dan pipa2 gas buang

·         Bagian piston yang perlu di ambil ukuranya yaitu?
   Jawab :
o   Diameter piston antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima posisi) dibandingkan diameter standar berapa minusnya
o   Diameter pistos antara port – star board pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima posisi) dibandingkan diameter standar, berapa minusnya
o   Lebar alur dudukan piston ring terhadap ketebalan piston ring
o   Kelonggaran (Clearance) piston pin bush terhadap piston pin

·         Langkah2 dalam overhul ketel uap dalam rangka perawatan adalah?
    Jawab :
o   Perhatikan permukaan air ketel tetap dijaga normal
o   Turunkan tekanan uap secara perlahan – lahan sampai tekanan “0” atm dengan membuka cerat udara / air cook atau membiarkan katup utama terbuka dalam pemakaian lainya
o   Setelah tekanan sampai “0” atm, biarkan sekitar 4 (empat) jam untuk pendinginan secara perlahan (cooling down) pada material
o   Kemudian air ketel secara perlahan dibuang  (blow down) sampai habis dan biarkan beberapa jam sampai ruangan dapur menjadi dingin, sehingga orang dapat bertahan lama berkerja di dalamnya
o   Perbaikan (overhul) dapat dilakukan dengan aman.
Sesudah perbaikan (overhul)
-     Periksa 1 pastikan katup buang (blow down) sudah ditutup kembali
-     Katup uap induk sudah tertutup
-     Pengisian air ke dalam ketel uap sampai batas permukaan normal
-     Lakukan pemeriksaan kedalam ruangan dapur, pastikan tidak ada kebocoran
-     Persiapkan ketel uap mulai berkerja tutup / buka kembali semua perlengkapan ketel  uap pada posisi semula
-     Buka katup cerat udara (air cook) yang letaknya diatas drum uap (steam drum)
-     Mulai membakar dapur dapur ketel uap

·         Jelaskan peralatan pencegahan dan perawatan berencana ?
   Jawab :
o   Untuk memperoleh pengoperasian kapal yang teratur serta meningkatkan keselamatan awak kapal dan peralatannya
o   Untuk memperhatikan jenis2 perkerjaan yang paling penting yang menyangkut waktu operasi, sehingga sistem perawatan dapat dilaksanakan secara teliti dan dikembangkan dalam rangka penghematan / pengurangan biaya
o   Untuk menjamin kesinambungan perkerjaan perawatan sehingga team work dari engine departmentdapat mengetahui pemersinan yang sudah dab belum dapat perawatan
o   Untuk mendapatkan informasi umpan balik yang akurat bagi kantor pusat dalam peningkatan pelayanan, perancangan kapal, dsb

·         Kegunaan mesin di bawah ini ?
   Jawab :
o   Mesin bubut, digunakan untuk:
-    Meratakan bagian luar maupun bagian dalam benda kerja yang akan dibentuk
-    Membuat ulir arah kekiri / kekanan baik diameter luar maupun dalam pada benda kerja
-    Membuat benda kerja berbentuk tirus (conis) yang bersudut tertentu
-    Membuat bentuk tertentu, mengikuti bentuk pahat bubut dan gerak putaran mesin

o   Mesin bor, digunakan untuk:
-      Membuat lubang2 pada benda kerja
-      Membuat bentuk2 tertentu berdasarkan ukuran mata bor dan gerak putaran mesin bor

o   Mesin skrap, digunakan untuk:
-      Meratakan benda kerja yang permukaan datar / plat
-      Membuat alur2 pada permukaan yang datar
-      Membentuk / meratakan benda kerja yang berbentuk tidak beraturan
-      Memotong benda kerja yang tebal

·         Sebutkan persiapan apa saja yang diperlukan berhubungan dengan alat kerja di atas kapal ?
   Jawab :
o   Siapkan material / suku cadang yang akan di ganti atau digunakan
o   Siapkan alat2 benda kerja yang akan digunakan

·         Pada pelaksanaan kerja (over hul) mesin saat langkah pengukuran apa saja yang perlu               
          di ukurannya, terangkan bagian2 secara singkat dan jelas ?
   Jawab :
o   Pengukuran piston :
-    Diameter piston antara fore – after pada posisi2 dari atas sampai bawah
-    Diameter piston antara port – star board dari atas sampai bwah
-    Lebar alur dudukan piston ring (grove ring)terhadap ketebalan piston ring
-    Kelonggaran (clearance) piston bush terhadap piston ring

o   Pengukuran piston ring :
-     Tebal dan tebal piston ring (lama) terhadap tebal / lebar piston ring (baru)
-     Jarang antara ujung ring satu sama lain (gap ring) berapa jarak maksimum yang diizinkan
-     Clearance ketebalan piston ring terhadap piston grove ring

o   Pengukuran silinder liner :
-     Diameter liner antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah
-     Diameter liner antara port – star board dari atas sampai bawah
-     Pastikan semua lubang silinder oil dapat mengeluar minyak pelumas dengan baik

·         Pada pemeriksaan kelas survey pada steam boiler / ketel uap, apa saja yang perlu di survey ?
   Jawab :
o   Gelas penduga, melihat tinggi permukaan air pada drum uap
o   Monometer utama, melihat tekanan uap keluar dari katup induk
o   Thermometer, melihat suhu gas buang yang keluar dari economizer
o   Kaca pengintip pembakaran, memeriksa pembakaran di dalam dapur
o   Kaca pengintip gas buang, memeriksa warna gas buang yang keluar
o   Katup pengaman, apabila terjadi terjadi tekanan uap lebih akan terbuka sendiri
o   Katup balik air pengisian, mencegah air di dalam ketel membalik ke pompa
o   Katup cerat udar, membuang udara di dalam uap di dalam pemakaian awal
o   Low water level alarm, sinyal / pemberitauan permukaan rendah pada gelas duga
o   Katup dan sistem pembilasan udara dan jelaga (soot blow), membersihkan sisa2 pembakaran dan jelaga2 yang belum melekat di dalam pipa dapur
o   Selenoid fuel valve, menutup katup bahan bakar masuk dapur atas perintah dari perakitan pengaman sistim elektrik mekanik.

·         Jelaskan langkah2 dalam melaksanakan sesudah dan sebelum over hul?
   Jawab :
o   Sebelum over hul :
-    Melapor pada nahkoda bahwa mesin induk akan di perbaiki dan kapal akan di delay pada jangka waktu tertentu
-    Apabila di pelabuhan, perlu melapor kepada kantor / perwakilan setempat atau untuk jangka panjang kepada syahbandar
-    Menentukan permasalahan / kerusakan yang terjadi pada mesin, data2 dan pengukuran yang lengkap dan jelas
-    Melaksanakan persiapan keselamatan kerja
-    Membagi tugas kepada setiap masinis dalam grup kerja, rincian perkerjaan dan  pengarahan yang jelas
-    Persiapan suku cadang yang diperlukan
-    Persiapan peralatan untuk over hul dan semua special tools
-    Mengukur semua material dengan teliti, analisa dan di catat semua hasil pengukuran
-    Selesai pemasangan dilaksanakan pengetesan dilaksanakan pengetesan samai batas maksimum normal

o   Setelah over hul :
-    Pastiskan hasil running tes berkerja dengan baik, normal dan siap melakukan pelayaran
-    Periksa tekanan dan suhu minyak lumas, air pendingin, gas buang, kompresi, udara pembilas, rpm, turbo charge, dll
-    Segera laporkan kondisi sebenarnya mesin kepada nahkoda, bahwa kapal siap meneruskan pelayaran
-     Membuat berita acara perusakan dan perbaikan mesin
-     Membuat laporan penyelesaiaan kepada kantor pusat
-     Membuat pengaduan pemintaan suku cadang untuk melengkapi suku cadang yang sudah di pakai

·         Persyaratan apa saja yang harus dipenuhi pada perencanaan perawatan perbaikan di atas 
          kapal?
   Jawab :
o   Rencana warisan, rencana kerja yang berdasarkan kondisi mesin yang sudah memerlukan perawatan dan perbaikan
o   Rencana kerja prioritas, berdasarkan prioritas mesin yang penting yang lansung berkaitan dengan operasi kapal
o   Rencana kerja terencana, berdasarkan jam kerja yang sudah waktunya dilaksanakan perawatan dan perbaikan walaupun mesin masih berkerja dengan baik namun sudah waktu over hul
o   Rancana kerja kondisi, berdasarkan kondisi suku cadang yang masih di kapal
o   Rencana kerja insidentil, menunggu apabila terjadi kerusakan baru dilaksanakan perawatan dan perbaikan

·         Terangkan pengunaan dan penyimpanan dari sparepart alat kerja yang bisa digunakan di atas 
           kapal ?
    Jawab :
o   Surat bukti permintaan material dari kapal
o   Surat bukti pengirim supply dari kantor yang memuat
o   Daftar isi material yang dikirim
o   Surat sartifikat Genuine / original dari marker sebagai bukti keaslian
o   Material permesinan tersebuat melengkapi supply list
o   Daftar inventaris yang rapi, jelas memuat riwayat perjalanan
o   Material tersebuat memulai dari pengiriman sampai sampai terpakai habis
o   Surat bukti pemakaiaan material per item
o   Waktu pengontrol persediaan material (stock card) untuk per item marerial

·         Sebutkan apa saja yang perlu di catat di dalam buku harian kamar mesin ?
   Jawab :
o   Mencatat jam kerja mesin induk (M/E)
o   Mencatat jam kerja AE Generator
o   Mencatat jam kerja kegiatan petugas jam jaga kamar mesin
o   Mencatat jam kerja kegiatan mesin bantu

·         Sebutkan pemeriksaan dan perawatan secara umum setiap hari ?
   Jawab :
o   Pengantian baru pelumas gear box, mesin utama, generator, pompa muatan, pompa pendingin
o   Cerat semua katup cerat / drain valve

·         Uraikan tugas pengendalian perawatan masinis terakhir di kapal ?
   Jawab :
o    Perawatan semua pompa2 dan termasuk perawatan dan semua suku cadangnya
o    Membantu administrasi kepala kamar mesin dan membuat laporan bulanan
o    Melaksanankan tugas jaga jam 08.00 – 12.00 dan 20.00 – 24.00 secara teratur di engine room, pada saat kapal berlayar atau sedang berlabuh
o    Melaksanakan perbaikan terencana bersama perkerjaan harian pada saat kapal sedang berlabuh / jangkar

Komentar