http://uad-ukp.blogspot.com
·
Jelaskan
maksud dan tujuan sistem perawatan dan perbaikan mesin?
Jawab :
o
Memahami maksud
dan tujuan pemeliharaan permesinan kapal
o
Memahami struktur
organisasi dan tim kerja
o
Memahami rencana
perawatan dan perbaikan mesin
o
Memahami jadwal
dan jurnal kerja
o
Memahami cara
penggunaan dan penyipanan peralatan kerja dan suku cadang
·
Sebutkan
jenis2 packing dan dimana packing digunakan?
Jawab :
o
Klingrit
packing, gunanya : untuk permukaan /
flens penerima panas, uap (steam), gas buang (hexos gas) peralatan beban berat.
o
Rubber (karet)
packing, gunanya: untuk permukaan /
flens penerima tekanan air tawar, air laut.
o
Cartoon
(karton) packing, gunanya: untuk
permukaan / flens penerima tekanan angin/udara bertekanan, semua katup udara /
angin, kompresor.
o
Oil (minyak)
packing, gunanya: untuk permukaan /
flens penerima tekanan minyak pelumas (lumb oil), minyak bahan bakar (fuel oil)
o
Asbestos
packing, gunanya: untuk membungkus
pipa2 uap panas dan pipa2 gas buang
·
Bagian piston
yang perlu di ambil ukuranya yaitu?
Jawab :
o
Diameter piston
antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima posisi)
dibandingkan diameter standar berapa minusnya
o
Diameter pistos
antara port – star board pada posisi dari atas sampai bawah (minimal lima
posisi) dibandingkan diameter standar, berapa minusnya
o
Lebar alur
dudukan piston ring terhadap ketebalan piston ring
o
Kelonggaran
(Clearance) piston pin bush terhadap piston pin
·
Langkah2 dalam
overhul ketel uap dalam rangka perawatan adalah?
Jawab :
o
Perhatikan
permukaan air ketel tetap dijaga normal
o
Turunkan tekanan
uap secara perlahan – lahan sampai tekanan “0” atm dengan membuka cerat udara /
air cook atau membiarkan katup utama terbuka dalam pemakaian lainya
o
Setelah tekanan
sampai “0” atm, biarkan sekitar 4 (empat) jam untuk pendinginan secara perlahan
(cooling down) pada material
o
Kemudian air
ketel secara perlahan dibuang (blow
down) sampai habis dan biarkan beberapa jam sampai ruangan dapur menjadi
dingin, sehingga orang dapat bertahan lama berkerja di dalamnya
o
Perbaikan
(overhul) dapat dilakukan dengan aman.
Sesudah perbaikan (overhul)
- Periksa 1
pastikan katup buang (blow down) sudah ditutup kembali
- Katup uap induk
sudah tertutup
- Pengisian air ke
dalam ketel uap sampai batas permukaan normal
- Lakukan
pemeriksaan kedalam ruangan dapur, pastikan tidak ada kebocoran
- Persiapkan ketel
uap mulai berkerja tutup / buka kembali semua perlengkapan ketel uap pada
posisi semula
- Buka katup cerat
udara (air cook) yang letaknya diatas drum uap (steam drum)
- Mulai membakar
dapur dapur ketel uap
·
Jelaskan
peralatan pencegahan dan perawatan berencana ?
Jawab :
o
Untuk memperoleh
pengoperasian kapal yang teratur serta meningkatkan keselamatan awak kapal dan
peralatannya
o
Untuk
memperhatikan jenis2 perkerjaan yang paling penting yang menyangkut waktu
operasi, sehingga sistem perawatan dapat dilaksanakan secara teliti dan
dikembangkan dalam rangka penghematan / pengurangan biaya
o
Untuk menjamin
kesinambungan perkerjaan perawatan sehingga team work dari engine
departmentdapat mengetahui pemersinan yang sudah dab belum dapat perawatan
o
Untuk mendapatkan
informasi umpan balik yang akurat bagi kantor pusat dalam peningkatan
pelayanan, perancangan kapal, dsb
·
Kegunaan mesin
di bawah ini ?
Jawab :
o
Mesin bubut,
digunakan untuk:
- Meratakan bagian
luar maupun bagian dalam benda kerja yang akan dibentuk
- Membuat ulir arah
kekiri / kekanan baik diameter luar maupun dalam pada benda kerja
- Membuat benda
kerja berbentuk tirus (conis) yang bersudut tertentu
- Membuat bentuk
tertentu, mengikuti bentuk pahat bubut dan gerak putaran mesin
o
Mesin bor,
digunakan untuk:
- Membuat lubang2
pada benda kerja
- Membuat bentuk2
tertentu berdasarkan ukuran mata bor dan gerak putaran mesin bor
o
Mesin skrap,
digunakan untuk:
- Meratakan benda
kerja yang permukaan datar / plat
- Membuat alur2
pada permukaan yang datar
- Membentuk /
meratakan benda kerja yang berbentuk tidak beraturan
- Memotong benda
kerja yang tebal
·
Sebutkan
persiapan apa saja yang diperlukan berhubungan dengan alat kerja di atas kapal
?
Jawab :
o
Siapkan material
/ suku cadang yang akan di ganti atau digunakan
o
Siapkan alat2
benda kerja yang akan digunakan
·
Pada
pelaksanaan kerja (over hul) mesin saat langkah pengukuran apa saja yang perlu
di ukurannya, terangkan bagian2 secara singkat dan jelas ?
Jawab :
o
Pengukuran
piston :
- Diameter piston
antara fore – after pada posisi2 dari atas sampai bawah
- Diameter piston
antara port – star board dari atas sampai bwah
- Lebar alur
dudukan piston ring (grove ring)terhadap ketebalan piston ring
- Kelonggaran
(clearance) piston bush terhadap piston ring
o
Pengukuran
piston ring :
- Tebal dan tebal
piston ring (lama) terhadap tebal / lebar piston ring (baru)
- Jarang antara
ujung ring satu sama lain (gap ring) berapa jarak maksimum yang diizinkan
- Clearance
ketebalan piston ring terhadap piston grove ring
o
Pengukuran
silinder liner :
- Diameter liner
antara fore – after pada posisi dari atas sampai bawah
- Diameter liner
antara port – star board dari atas sampai bawah
- Pastikan semua
lubang silinder oil dapat mengeluar minyak pelumas dengan baik
·
Pada
pemeriksaan kelas survey pada steam boiler / ketel uap, apa saja yang perlu di
survey ?
Jawab :
o
Gelas penduga,
melihat tinggi permukaan air pada drum uap
o
Monometer utama,
melihat tekanan uap keluar dari katup induk
o
Thermometer,
melihat suhu gas buang yang keluar dari economizer
o
Kaca pengintip
pembakaran, memeriksa pembakaran di dalam dapur
o
Kaca pengintip
gas buang, memeriksa warna gas buang yang keluar
o
Katup pengaman,
apabila terjadi terjadi tekanan uap lebih akan terbuka sendiri
o
Katup balik air
pengisian, mencegah air di dalam ketel membalik ke pompa
o
Katup cerat udar,
membuang udara di dalam uap di dalam pemakaian awal
o
Low water level
alarm, sinyal / pemberitauan permukaan rendah pada gelas duga
o
Katup dan sistem
pembilasan udara dan jelaga (soot blow), membersihkan sisa2 pembakaran dan
jelaga2 yang belum melekat di dalam pipa dapur
o
Selenoid fuel
valve, menutup katup bahan bakar masuk dapur atas perintah dari perakitan
pengaman sistim elektrik mekanik.
·
Jelaskan
langkah2 dalam melaksanakan sesudah dan sebelum over hul?
Jawab :
o
Sebelum over
hul :
- Melapor pada
nahkoda bahwa mesin induk akan di perbaiki dan kapal akan di delay pada jangka
waktu tertentu
- Apabila di
pelabuhan, perlu melapor kepada kantor / perwakilan setempat atau untuk jangka
panjang kepada syahbandar
- Menentukan
permasalahan / kerusakan yang terjadi pada mesin, data2 dan pengukuran yang
lengkap dan jelas
- Melaksanakan
persiapan keselamatan kerja
- Membagi tugas
kepada setiap masinis dalam grup kerja, rincian perkerjaan dan pengarahan yang
jelas
- Persiapan suku
cadang yang diperlukan
- Persiapan
peralatan untuk over hul dan semua special tools
- Mengukur semua
material dengan teliti, analisa dan di catat semua hasil pengukuran
- Selesai
pemasangan dilaksanakan pengetesan dilaksanakan pengetesan samai batas maksimum
normal
o
Setelah over
hul :
- Pastiskan hasil
running tes berkerja dengan baik, normal dan siap melakukan pelayaran
- Periksa tekanan
dan suhu minyak lumas, air pendingin, gas buang, kompresi, udara pembilas, rpm,
turbo charge, dll
- Segera laporkan
kondisi sebenarnya mesin kepada nahkoda, bahwa kapal siap meneruskan pelayaran
- Membuat berita
acara perusakan dan perbaikan mesin
-
Membuat laporan
penyelesaiaan kepada kantor pusat
- Membuat pengaduan
pemintaan suku cadang untuk melengkapi suku cadang yang sudah di pakai
·
Persyaratan
apa saja yang harus dipenuhi pada perencanaan perawatan perbaikan di atas
kapal?
Jawab :
o
Rencana warisan,
rencana kerja yang berdasarkan kondisi mesin yang sudah memerlukan perawatan
dan perbaikan
o
Rencana kerja
prioritas, berdasarkan prioritas mesin yang penting yang lansung berkaitan
dengan operasi kapal
o
Rencana kerja
terencana, berdasarkan jam kerja yang sudah waktunya dilaksanakan perawatan dan
perbaikan walaupun mesin masih berkerja dengan baik namun sudah waktu over hul
o
Rancana kerja
kondisi, berdasarkan kondisi suku cadang yang masih di kapal
o
Rencana kerja
insidentil, menunggu apabila terjadi kerusakan baru dilaksanakan perawatan dan
perbaikan
·
Terangkan
pengunaan dan penyimpanan dari sparepart alat kerja yang bisa digunakan di atas
kapal ?
Jawab :
o
Surat bukti
permintaan material dari kapal
o
Surat bukti
pengirim supply dari kantor yang memuat
o
Daftar isi
material yang dikirim
o
Surat sartifikat
Genuine / original dari marker sebagai bukti keaslian
o
Material
permesinan tersebuat melengkapi supply list
o
Daftar inventaris
yang rapi, jelas memuat riwayat perjalanan
o
Material
tersebuat memulai dari pengiriman sampai sampai terpakai habis
o
Surat bukti
pemakaiaan material per item
o
Waktu pengontrol
persediaan material (stock card) untuk per item marerial
·
Sebutkan apa
saja yang perlu di catat di dalam buku harian kamar mesin ?
Jawab :
o
Mencatat jam
kerja mesin induk (M/E)
o
Mencatat jam
kerja AE Generator
o
Mencatat jam
kerja kegiatan petugas jam jaga kamar mesin
o
Mencatat jam
kerja kegiatan mesin bantu
·
Sebutkan
pemeriksaan dan perawatan secara umum setiap hari ?
Jawab :
o
Pengantian baru
pelumas gear box, mesin utama, generator, pompa muatan, pompa pendingin
o
Cerat semua katup
cerat / drain valve
·
Uraikan tugas
pengendalian perawatan masinis terakhir di kapal ?
Jawab :
o
Perawatan semua
pompa2 dan termasuk perawatan dan semua suku cadangnya
o
Membantu
administrasi kepala kamar mesin dan membuat laporan bulanan
o
Melaksanankan
tugas jaga jam 08.00 – 12.00 dan 20.00 – 24.00 secara teratur di engine room,
pada saat kapal berlayar atau sedang berlabuh
o
Melaksanakan
perbaikan terencana bersama perkerjaan harian pada saat kapal sedang berlabuh /
jangkar
Komentar
Posting Komentar