Apa yang dimaksud dengan ketel uap (Boiler) ?
Ketel uap ialah suatu bejana tertututp
yang dapat menghasilkan uap lebih dari 1 atm. Dengan proses, air didalam ketel
dipanaskan.
Ketel yang menghasilkan uap
yang digunakan untuk keperluan pesawat pesawat bantu.
-
Gelas
duga :
Alat yang digunakan untuk mengetahui
tinggi air dalam ketel
- Katup pengaman(safety valve) :
Alat yang digunakan untuk mencegah
ketel jangan meledak pada saat ketel melibihi tekanan yang ditentukan.
-
Manometer :
Alat ukur tekanan uap
- Katup pembilas :
Sebuah kran letaknya pada bagian bawah ketel
yang digunakan untuk membuang kotoran dalam ketel.
- Kran induk (main valve) :
Kran untuk mengeluarkan hasil hasil uap dari
proses ketel tersebut kepada kran pembagi.
- Burner :
- Pengabut bahan baker yang berada dalam ketel.
Ketel uap pipa api :
Air ketel berada diluar pipa ,
sedangkan api berada didalam pipa
Ketel uap pipa air :
Air ketel berada didalam pipa pipanya
, sedangkan api berada diluar pipa.
Mesin yang digunakan untuk menurunkan
jangkar pada saat kapal berlabuh serta mengangkat kembali pada saat kapal akan
berlayar.
- Tenaga listrik
- Tenaga motor diesel
- Tenaga uap
- Tenaga hydrolic
27,3 Meter
Tuliskan cara kerja dari sebuah pompa torak kerja tunggal?
- pada satu langkah bolak balik hanya
menghasilkan langkah pemompaan
-
Selain torak / plunger. Pompa torak kerja tunggal mempunayi satu katup
hisap dan satu katup tekan.
- Setiap langkah merupakan
langkah penghasilan
- Mempunyai dua pasang
katup masing masing satu katup hisap dan satu katup tekan.
- Tenaga listrik
- Tenaga uap
- Tenaga mekanik
- Tenaga hydrolik
- Tenaga elektro hydrolik
a.Relief
valve
b.Salinometer
a. Valve yang digunakan untuk
mengatur tekanan caira udara dan uap.
b. Alat untuk mengukur kadar garam.
Ketel uap
a.Apa
yang dimaksud dengan ketel uap (Boiler)?
b.Apa
yangdimaksud dengan ketel uap bantu (Auxilliary Boiler)?
c.Sebutkan
syarat syarat ketel uap?
d.Apa
perbedaan ketel uap pipa air dan ketel uap pipa api?
e.Sebutkan
apendensi apendensi ketel uap menurut undang undang uap?
Jawab
a. Ketel
uap (Boiler)
adalah Suatu bejana tertutup yang dipanaskan dari hasil
pembakaran bahan bakar
dan menghasilkan uap serta mempunyai tekanan 1 ATM
(atmosfir)
b. Ketel
uap bantu (auxilliary Boiler) adalah ketel yang menghasilkan uap yang
digunakan untuk
keperluan pesawat pesawat bantu.
c.
Syarat syarat ketel :
· Harus
aman selama bekerja sepanjang waktu tanpa banyak perawatan.
· Harus
mampu menghasilkan uap dengan jumlah tertentu pada tekanan dan suhu tertentu.
· Uap
jenuhnya harus sekering mungkin.
· Apabila
uapnya dipanaskan lanjut perubahan suhu uap yang keluar harus sekecil dan suhu
uapnya harus mudah diatur.
· Uap
yang dihasilkan hendaknya sebanyak mungkin sedangkan pemakaian bahan bakar
sesedikit mungkit dengan kata lain rendemen ketel sebesar mungkin.
· Saat
olah gerak yang biasanya pemakaian uap berubah banyak.
· Perubahan
tekanan uapnya harus sekecil mungkin.
· Peralatan
pengopakan bahan bakar harus cocok untuk bahan bakar yang murah harganya.
· Ketel
uap dikapal harus menghasilkan jumlah uap tertentu. Berat maupun ruangan yang
ditempatkannya harus sekecil mungkin.
d. Perbedaan
ketel uap pipa air dan ketel uap pipa api adalah:
· Ketel
uap pipa air adalah dimana air mengalir dalam pipa, sedangkan gas pemanasnya
berada diluar pipa.
Contohnya
: Ketel Bobcok dan wilcok
· Ketel
uap pipa api adalah dimana gas pemanasnya mengalir didalam pipa, sedangkan air
berada diluar pipa.
Contohnya
: Ketel schots dan cochran
e. Alat
alat perlengkapan (apandensi) ketel :
· Gelas
penduga
Alat
untuk mengetahui level air yang berada dalam ketel, sehingga tiap waktu dapat
terkontrol.
· Katup
pengaman (Safety valve)
Alat
yang digunakan untuk mencegah ketel jangan meledak pada saat ketel melebihi
tekanan yang ditentukan. Alat ini akan bekerja untuk membuang tekanan lebih
tersebut.
· Manometer
Alat
pengukur tekanan uap.
· Katup
pembilas
Sebuah
kran yang letaknya pada bagiab bawah dari ketel yang digunakan untuk membuang
kotoran dalam ketel.
· Pompa
pengisi
Alat
yang bekerja secara otomatis sehingga apabila air dalam ketel sudah pada batas
minim maka secara otomatis akan hidup untuk mengisi ketel.
· Kran
induk
Alat
untuk mengeluarkan uap uap dari ketel kepada kran pembagi.
b. Sebutkan macam macam penggerak mesin jangkar dikapal?
Jawab
a.Fungsi mesin jangkar untuk menurunkan jangkar pd saat
kapal berlabuh jangkar serta mengangkat kembali jangkar pd saat kapal akan
berangkat.
b.Tenaga hydrolic
Tenaga listrik
Tenaga mekanis
b.Sistem kemudi di gerakkan oleh?
Jawab
a.Fungsi mesin kemudi adalah
pemindahan roda kemudi yang berada dianjungan sampai kedaun kemudi
b.•Syestem pneumatik
•System
hydrolik
•System
manual
Jawab
Relief valve berfungsi untuk pengaman jika
tekanan dalam pipa melebihi tekanan yang ditentukan maka akan terbuka sehingga
pipa tidak pecah
Sering dijumpai:
· Pompa
Ulir
· Kompressor
· Incenerator
· Kompressor
· Purifier
· Clarifier
· Salinometer
· Hydrofor
· Ejektor
· Kondensor
· Heater
· Cooler
Jawab
· INCENATOR:
Pesawat
bantu yg di gunakan untuk membakar minyak kotor.kecuali:plastik,PCB,logam
berat,dan sisa muatan.
· COMPRESSOR:
Pesawat bantu yang menghasilkan udara.
· PURIFIER:
Peswat bantu yg di gunakan utk memisahkan
kotoran berupa partikel
benda padat&cairan lain yg mencemari minyak
· CLARIFIER:
Pesawat bantu yg di gunakan utk memisahkan
minyak dari kotoran yg
lembut yg tidak
dapat di pisahkan FURIFIER
· SALINOMETER:
Alat yg di gunakan untuk mengukur kadar
garam,yg terdapat di
· HYDROPHOR:
Tangki ygberisi air tawar yg di beri tekanan
sehingga air tawar
di tekan ke tempat yg lebih tinggi
· EJEKTOR :
Alat
untuk menghasilkan vacum kondensor sehingga aliran uap bekas lancar masuk.
· KONDENSOR :
Suatu pesawat yang berfungsi untuk
menurunkan temperature yang
lebih tinggi ke tempereture yang lebih rendah
dengan
hasil akhir merubah fisik dari gas menjadi cair
· HEATER :
Suatu
pesawat yang digunakan untuk memanaskan zat cair.
· COOLER :
Alat
yang berfungsi menurunkan temperature yang lebih tinggi ke temperatur rendah
dengan tidak merubah fisik.
Jawab
· Persamaannya
:
Sama
sama sebagai pesawat untuk merubah suhu suatu zat menjadi lebih rendah
· Perbadaanya
:
COOLER:Tidak terjadi perubahan
dari air tetap air
CONDENSOR:Terjadi
perubahan dari gas menjadi cair.
Jawab
FWG adalah
Suatu
unit pesawat yang digunakan untuk proses penyulingan air tawar dari air laut
yang diuapkan dan kemudian dikondensasikan lagi sehingga didapatkan distilat
air tawar. terjadi dua proses sekaligus yaitu penguapan cairan dan
pengkondensasikan uap.
a. Apa yang dimaksud dengan Oil water
separator (OWS) ?
b.Mengapa
kapal niaga perlu pemasangan peralatan Oil water separator (OWS) ?
Jawab
a. Pesawat
yang mampu memisahkan air dari air buanganyang mengandung minyak
sampai hasil
pemisahannya mencapai kurang dari 15 ppm.
b. - Kapal niaga beresiko tinggi terhadap pencemaran
- Kapal
niaga banyak sisa bahan bakar, pelumas yang terdapat di got / bilge tank agar
tidak terjadi pencemaran dilaut dipasang OWS.
- Kapal
niaga harus menaati undang undang MARPOL
- Dengan
adanya OWS maka pencegahan marine polution dapat dimaksimalkan
Mohon izin pak ini jawaban saya atas nama Taruna madya alfhayed alnair
BalasHapus