Mesin kemudi src Mekanik :
Sistim ini bnyk dipakai di kapal2 kecil,dimana jarak
antara kolom kemudi di anjungan dan kamar mesin adalah terbatas.
Mesin kemudi scr
electro hydrolik
Sistim ini banyak digunakan krn banyk keuntungannya:
-Lebih hemat dan praktis.
-Tidak banyak bagian yg bergerak.
-Tidak banyak pemeliharaan.
Katup expansi :
komponenn mesin utk mengatur tekanan dan aliran pendingin refrigent cai tekanan
tinggi menjadi tekanan rendah.
Katup selenoid :Membuka
penuh dan menutup rapat aliran refrigen cair
kondensor sebelum msk ke katup expansi dan bekerja bedasarkan elektro
magnet atas perinta termostat utk mengatur suhu ruangan yg didinginkan.
Dryer/penering : komponen
instalasi mesin pendingin yg dipasang setelah kondensor dan terdiri dr media
higroskopis yg dpt menyerap air dan saringan utk mencegah terbawanya kandungan
air dlm refrigent sekaligus mencegah kotoan
yg terbawa dpt mengganggu jalannya sistim.
Multi brein
sistim :
Instalasi mesin pendingin tak langsung dimana eveporator
tdk terletak pd ruangan yg didinginkan melainkan media sekunder yaitu air berin
yg selanjutnya air brein didinginkan oleh pompa brein dialirkan ke ruangan yg
didinginkan
Yg dimaksud katup
pengontrol
a.Sistim dan
fungsi katup pengontrol :
Sistim kerja :
-Mengarur besar kecilnya pembukaan saluran sesuai dgn perintah
/signal motor elemen yg dpr berupa manual/otomat yg dimunginkan dgn tenaga
angin (peomatic angin,minyak (hydrolik)/listrik (elektro motor).
-Fungsi :Utk mengatur sedikit banyaknya media utk
kepentingan suatu proses.
b.Dimana letak katup kontrol :Ditempatkan
langsung sebelum proses/pd proses pendinginan dimana sering dipasang sbg bypass
baik utk media yg diproses maupun yg memproses.
Sebab piringan
terdapat lobang2(disc plat) pd separator /purifier:
sebagai tempat pemisahan / intervance antara bahan bakar
(minyak pelumas yg dibersihkan dgn air sbgi watersealnya
Oil Separator :komponen
bantu yg berpungsi mencegah terbawanya minyak lumas kompresor ke sistim dan
dikembalikan kedlm karter kompresor.
Sistim
pendinginan langsung dan tak langsung :
-Pendingin langsung adlh ; dimana evaprator ditempatkan
langsung diruang yg didinginkan .
-Pendingin tak langsung adlh: dimana eveporator tdk
ditempatkan pd ruang yg didinginkan melaikan mendinginkan media pendingin yg
kedua yaitu air brine.air brine yg telah didinginkan digunakan utk mendinginkan
ruang yg didinginkan.
Pesawat yg Berada
diatas Deck :
a. Mesin jangkar Terdiri dr : Windlas dan
capstans yg berpungsi pengulung dan pengurai rantai jangkar pd saat berlabuh
/lepas jangkar.
b. Mesin pengikat terdiri dr winches dan capstans
berfungsi utk menggulung tali kpl utk mengikat dan melepas kpl saat sandar,
c. Mesin bongkar muat terdiri dr winches dan capstan berfungsi sbg pengangkat
barang/muatan.
Metode
pembersihan Minyak :
a.Penyaringan : Pembersihan tergantung besar kecilnya
lobang saringan,metode ini hanya membersihkan minyak dr partikel padat,filter
khusus mampu membersihkan minyak dr partikel cairan.
b.Pengendapan : Metode ini memanfaatkan gaya gravitasi yg
bekerja pd partike yg berbeda Berat jenis dan menggunakan tangki endap.
c. Sentrifuse :Metode menggunakan gaya sentrifugal yg
bekerja ps partikel cair maupun padat,gaya ini dihasilkan dr putaran bowl
sentrifuse.
Safety device
Protection (A/E)
- Safety valve (katup keamanan)
-Over speed Trip
-Shut down
-Slow down
-Quick stop valve,Quick closing calve,emergency shut off
valve.
-Inter lock(turning gear.
-Inter lock(lub oil low presure)
-Inter lock (indicator zero pitch)
-Mist oil detektor(crank shaft)
-Relief valve(katup pelepasan)
Langkah-langkah yang harus dilakukan saat pengoperasian
mesin diesel penggerak generator dan tujuan setiap langkah yang dilakukan
-Membuka kran pendingin air laut dan membuka
kran masukk dan keluar pada pompa air laut ,jangan lupa membuka kran air laut yang
menuju overboard
-Start pompa air laut dan membuka
kran-kran air tawar yang terdapat pada tangki expansi juga kran yang masuk pada
mesin
-Membuka kran oil yang keluar dan
yang masuk kemesin.
-Start pompa priming pompa
-Buka keran bahan bakar pada tangki
sevice dan juga yang menuju kemesin ,buka keran masuk dan keluar dari pompa
bahan bakar start pompa
-Buka keran indikator
Tujuan pelumasan pada
mesin
-Untuk mengurangi keausan pada
bagian-bagian mesin yang bergerak terdapat pada mesin dan disaring oleh filter
-Sebagai
media pendingin pada bagian mesin yang bergerak
-Melindungi
bagian mesin agar tidak terjadi korosi.
Perawatan
yang dilakuakan pada mesin induk dan motor bantu untuk kelancaran pengoperasian
kapal adalah
1.Mengganti
oli sesuai running hours
2.Periksa
katup isap / buang
3.Membersihkan
filter oil dan bahan bakar
4.Test
injektor
5,Periksa
metal jaln dan metal duduk
6.Periksa paking-paking dari
kebocoran
7.Pengambilan ukuran Devlection
8.Bersihkan cooler dan filter
pendingin
Pengertian dari pesawat
bantu adalah
Keseluruhan permesinan yang ada diatas kapal
kecuali mesin-mesin dan ketel induk dan termasuk seliruh pipa-pipa dan
penataannya,demikian juga peralatan-peralatan yang menyelenggarakan
fungsi-fungsinya
Tujuann mengisi air
terlebih dahulu sebelum membuka kran isap bahan bakar atau minyak lumas saat
mengoperasikan purifier dari kondisi mati adalah
membuat sealing water atau water
Dam agar bahan bakar atau minyak lumas tidak keluar melalui jalan air tetapi
ditahan untuk dapat keluar melalui jalan minyak
Fungsi dari pesawat –
pesawat dibawah ini:
Zink anode pada cooler
/conenserjenis sheel/tube
Agar peristiwa elektrolisa terjadi antara zink sebagai anodanya
dan pipa (tube )sebagai katodanya , sehingga korosi terjadi pada sheelnya.
Pompa air pada sistem air
laut
untuk mengeluarkan air yang masih bercampur garam didasar
evaporatoor sehingga tidak terjadi pergolakan air saat mendidih yang akan
mengakiibatkan terbawanya partikel garam kedalam uap air yang dihasilkan
sehingga air tawar hasil penyulingan bebas dari campuran garam .
Furifier
untuk
membersihkan bahan-bahan dari kotoran cair dan padat dengan mengunakan prinsip
yang sentrifugal.
Persamaan
dan perbedaan purifier dan klarifier
Persamaan :
peralatan pemisah cairan dari cairan lain dan kotoran yang tidak diinginkan memakai
gaya sentrifugal.
Perbedaan
purifier memisahkan bahan bakar minyak dari cairan lain dan kotoran padat
.Klarifier memisahkan bahan bakar inyak dari kotoran padat saja.
Jelaskan apa yang anda ketahui tentang fungsi rheostat
yang ada di anjungan dan di mesin kemudi pada instalasi mesin kemudi jenis
listrik.
Rheostat adalah tahanan geser. Fungsi rheostat dianjungan dan di
kamar mesin kemudi adalah untuk membangkitkan adanya beda potensial antara
keduanya dan menimbulkan arus yang dapat menggerakkan motor penggerak kemudi,
saat posisi penunjukan sudut di anjungan belum sama dengan penunjukkan susdut
daun kemudi. Penggeseran reostat di anjuungan dilakukan oleh roda kemudi dan
yang di kamar mesin kemudi oleh motor penggerak kemudi. Pada saat kedua
posisi sudut tercapai maka tak ada lagi arus yang mengalir.
Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan agar kerja dari
instalasi mesin kemudi jemis elektro-hydroulik lancar
- Hal-hal
yang harus diperhatikan terhadap mesin kemudi jenis elektro hidroulik :
- Jangan
sampai ada udara yang masuk kedalam sistem, cerat selalu setiap saat
- Jangan
sampai sistem kosong, isi selalu dalam keadaan penuh
- Bersihkan
selalu saringan-saringan
Apa
yang harus diperhatikan pada sistem kemudi jenis hidrolik:
1.Jangan ada udara masuk kedalam
sistem, karna akan menyebabkan gerakan respon mesin kemudi menjadi kurang cepat
2. Jangan ada kotoran / air terbawa bersama minyak hidrolik mengakibatkan
saluran akan terhambat dan juga akan mengalami korosi
3. Sistem harus dijaga level olinya
4. Sistem haruslah dijaga dari segala
kebocoran.
Kelebihan
dari F.W.G tekanan rendah:
a.Penghasilan lebih tinggi
b.Tidak berbahaya
c. Tidak memerlukan boiler
d. Menaikan daya guna (Rendemen Instalasi)
*Kelebihan Heat Exchanger tipe Plate
dibanding tipe shell and tube:
1.Perpindahan panas lebih merata
2.Konstruksi lebih kokoh (karna terbuat dari
bahan titanium)
3.Mudah dalam perawatan
4. Praktis tidak memakan tempat.
5. Kapasitas pendinginan / pemanasan dapat
diatur dengan mengurangi / menambah plat tersebut.
Perbedaan
sistem pendinginan langsung dan sistem pendingina tak langsung pada provision
refrigerator:
1.Pendinginan langsung Evaporator berada
didalam ruang pendingin bahan makanan
2.Pendingin tak
langsung:Evaporator ditempatkan terpisah /diluar ruang pendingin bahan makanan
Tiga
(3) metode pembersihan minyak:
1.Cara Pengendapan:
Dengan
cara yg sederhana dengan menggunakan gaya gravitasi,dimana zat cair dengan
berat jenis terbesar berada dipaling bawah,dan berat jenis sedang paling atas
dengan berat jenis terkecil.
2.Cara Penyaringan:
Cara ini membutuhkan media flter/saringan,
bersih tidaknya bergantung pada halus dan kasarnya saringan
3. Cara Pemurniaan:
Cara memurnikan cairan dari kotoran endapan
atau cairan lain , sehingga didapatkan cairan yang diinginkan saja.
Gambar sederhana mesin
pendingin (pressure refrigerator disertai ket dan nama bagiannya.
Perbedaan sistim
pendingin langsung dan tak langsung pd provision refrigrator.
-Tak langsung : Evaporator berada terpisah dgn ruang di
luar pendingin bahan makanan.
-Langsung : Dimana evaporator berada didlm ruang
pendingin bahan makanan.:
Fungsi komponen
pendingin sbb:
a.Katup expansi :
Mengatur jumlah dan mengexpansikan zat pendingin yg masuk
kedlm evaporator atau menurunkan tekanan tinggi cairan menjadi tek rendah.
b.Filter Drier :
Sebagai filter utk menyaring(menterap) air yg terikut dlm
udara Refrigen(Freon).
c. Oil separator
:
Mengontrol minyak
pd kompresor supaya tdk terbawa dgn freon sebelum dialirkan ke kondensor.
d. Thermostat :
Mengatur saat pengaliran aliran refrigrant sesuai dgn yg
dikehendaki.
e. Pressosat :
Utk mendeteksi tekanan pd sustu aliran.
Pesawat pendingin
minyak lumas (Lo. cooler) umumya jenis shell dan tube.
KETERANGAN LO (CULLER)
1.Body shell tube
2.Tube/pipa
3.Buffle/sekat
4.Zink anode
5.Inlet manifol
6.Discharge maniful
7.sea water inlet manifol
8.sea water outlet manifol
9. Culler.
Fungsi dr buffle pd LO coller tsb :
- Mengarahkan
media yg diproses sehingga mengalami pemerataan pemindahan panas.
- Memperkuat
susunan pipa-pipa.
- menambah luas
permukaan lbh merata.
Gambar mesin
kemudi Hydrolik
Sketsa sebuah
freswater genertor (FWG)
a.Generator jenis tekanan rendah (Vakum) yg menggunakan media
pemanas air pendingin mesin induk dan nama bagiannya ;
KETERANGAN:
1.Eliminator
2.Kondensor
3.kondendat
4.Evaporator
5.Brain
6.Air
laut udara
8.ejector
7.air
laut brain
9.pompa
air laut
10.tank
air tawar
11.air
laut
12.air
tawar pensingin M/E
13.pompa kondensat
14.Salinometer
15.Buge.
b.Mengapa
instalasi harus divakum terlebih dahulu ?
-Untuk cair dan uap jenuh temperature penguapan sangat
tergantung dgn tekanan permukaanya,makin tinggi permukaan cairan maka akan
makin tinggi suhu permukaannya.,sebaliknya makin rendah permukaannya makin
rendah suhunya, penguapan maka dgn mengvakum penguapan air tidak perlu uap yg
dihasil ketel uap yg dihasil ketel uap yg membutuhkan bahan bakar cukup dgn air
pendingin yg keluar dr mesin induk .
c.Kelebihan dr
FWG tekanan rendah :
1.Pada
ukuran yg sama produksi persatuan waktu lebih besar.
2.Media
penguap tidak perlu menggunakan uap melanikan cukup mengunakan air tawar
pendingin mesin induk sehingga lebih hemat.
3.Terangkan
fungsi komponen mesin pendingin :
a.Kompresor :Suatu pesawat yg menghisap gas pendingin
dari evaporator yg kemudianakan di kompresikan didalam silinder untuk
menaikan tekanan dan suhunya ked lm
kondensor.
b.Evaprator
Sebuah pesawat yg dapat merubah bentuk cair suatu media
menjadi uap / gas
Sebutkan jenis2 Heat
exchanger yg digunakan diatas kapal :
a.LO
culler
b.FO
Heater
c.FW
Culler
d.Steam
condenser
e.Refrifgrator
condenser
f.Ekonomiser
g.evaporator
h.Condensor.
Kelebihan dr Heat Exchanger Tipe
plat disbanding Tipe shell dan tube :
1.
Tidak memakan tempat
2.Mudah
perawatannya
3.Pada
ukuran yg sama kapasitas pendingin lebih besar
4.Dapat
diukur kapasitas pendinginya.
makasih gan infonya
BalasHapus