PERMESINAN BANTU III



 
Mesin kemudi src Mekanik :
Sistim ini bnyk dipakai di kapal2 kecil,dimana jarak antara kolom kemudi di anjungan dan kamar mesin adalah terbatas.

Mesin kemudi scr electro hydrolik
Sistim ini banyak digunakan  krn banyk keuntungannya:
-Lebih hemat dan praktis.
-Tidak banyak bagian yg bergerak.
-Tidak banyak pemeliharaan.

Katup expansi : komponenn mesin utk mengatur tekanan dan aliran pendingin refrigent cai tekanan tinggi menjadi tekanan rendah.

Katup selenoid :Membuka penuh dan menutup rapat aliran refrigen cair  kondensor sebelum msk ke katup expansi dan bekerja bedasarkan elektro magnet atas perinta termostat utk mengatur suhu ruangan yg didinginkan.

Dryer/penering : komponen instalasi mesin pendingin yg dipasang setelah kondensor dan terdiri dr media higroskopis yg dpt menyerap air dan saringan utk mencegah terbawanya kandungan air dlm refrigent sekaligus mencegah kotoan  yg terbawa dpt mengganggu jalannya sistim.

Multi brein sistim :
Instalasi mesin pendingin tak langsung dimana eveporator tdk terletak pd ruangan yg didinginkan melainkan media sekunder yaitu air berin yg selanjutnya air brein didinginkan oleh pompa brein dialirkan ke ruangan yg didinginkan

Yg dimaksud katup pengontrol
a.Sistim dan fungsi katup pengontrol :
Sistim kerja :
-Mengarur besar kecilnya pembukaan saluran sesuai dgn perintah /signal motor elemen yg dpr berupa manual/otomat yg dimunginkan dgn tenaga angin (peomatic angin,minyak (hydrolik)/listrik (elektro motor).
-Fungsi :Utk mengatur sedikit banyaknya media utk kepentingan suatu proses.
b.Dimana letak katup kontrol :Ditempatkan langsung sebelum proses/pd proses pendinginan dimana sering dipasang sbg bypass baik utk media yg diproses maupun yg memproses.

Sebab piringan terdapat lobang2(disc plat) pd separator /purifier:
sebagai tempat pemisahan / intervance antara bahan bakar (minyak pelumas yg dibersihkan dgn air sbgi watersealnya

Oil Separator :komponen bantu yg berpungsi mencegah terbawanya minyak lumas kompresor ke sistim dan dikembalikan kedlm karter kompresor.

Sistim pendinginan langsung dan tak langsung :
-Pendingin langsung adlh ; dimana evaprator ditempatkan langsung diruang yg didinginkan .
-Pendingin tak langsung adlh: dimana eveporator tdk ditempatkan pd ruang yg didinginkan melaikan mendinginkan media pendingin yg kedua yaitu air brine.air brine yg telah didinginkan digunakan utk mendinginkan ruang yg didinginkan.

Pesawat yg Berada diatas Deck :
a. Mesin jangkar Terdiri dr : Windlas dan capstans yg berpungsi pengulung dan pengurai rantai jangkar pd saat berlabuh /lepas jangkar.
b. Mesin pengikat terdiri dr winches dan capstans berfungsi utk menggulung tali kpl utk mengikat dan melepas  kpl saat sandar,
c. Mesin bongkar muat terdiri dr winches dan capstan  berfungsi sbg pengangkat barang/muatan.

Metode pembersihan Minyak :
a.Penyaringan : Pembersihan tergantung besar kecilnya lobang saringan,metode ini hanya membersihkan minyak dr partikel padat,filter khusus mampu membersihkan minyak dr partikel cairan.
b.Pengendapan : Metode ini memanfaatkan gaya gravitasi yg bekerja pd partike yg berbeda Berat jenis dan menggunakan tangki endap.
c. Sentrifuse :Metode menggunakan gaya sentrifugal yg bekerja ps partikel cair maupun padat,gaya ini dihasilkan dr putaran bowl sentrifuse.

Safety device Protection (A/E)
- Safety valve (katup keamanan)
-Over speed Trip
-Shut down
-Slow down
-Quick stop valve,Quick closing calve,emergency shut off valve.
-Inter lock(turning gear.
-Inter lock(lub oil low presure)
-Inter lock (indicator zero pitch)
-Mist oil detektor(crank shaft)
-Relief valve(katup pelepasan)

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat pengoperasian mesin diesel penggerak generator dan tujuan setiap langkah yang dilakukan
-Membuka kran pendingin air laut dan membuka kran masukk dan keluar pada pompa air laut ,jangan lupa membuka kran air laut yang menuju overboard
-Start pompa air laut dan membuka kran-kran air tawar yang terdapat pada tangki expansi juga kran yang masuk pada mesin
-Membuka kran oil yang keluar dan yang masuk kemesin.
-Start pompa priming pompa
-Buka keran bahan bakar pada tangki sevice dan juga yang menuju kemesin ,buka keran masuk dan keluar dari pompa bahan bakar start pompa
-Buka keran indikator

Tujuan pelumasan pada mesin
-Untuk mengurangi keausan pada bagian-bagian mesin yang bergerak terdapat pada mesin dan disaring oleh filter
-Sebagai media pendingin pada bagian mesin yang bergerak
-Melindungi bagian mesin agar tidak terjadi korosi.

Perawatan yang dilakuakan pada mesin induk dan motor bantu untuk kelancaran pengoperasian kapal adalah
1.Mengganti oli sesuai running hours
2.Periksa katup isap / buang
3.Membersihkan filter oil dan bahan bakar
4.Test injektor
5,Periksa metal jaln dan metal duduk
6.Periksa paking-paking dari kebocoran
7.Pengambilan ukuran Devlection
8.Bersihkan cooler dan filter pendingin

Pengertian dari pesawat bantu adalah
Keseluruhan permesinan yang ada diatas kapal kecuali mesin-mesin dan ketel induk dan termasuk seliruh pipa-pipa dan penataannya,demikian juga peralatan-peralatan yang menyelenggarakan fungsi-fungsinya

Tujuann mengisi air terlebih dahulu sebelum membuka kran isap bahan bakar atau minyak lumas saat mengoperasikan purifier dari kondisi mati adalah
membuat sealing water atau water Dam agar bahan bakar atau minyak lumas tidak keluar melalui jalan air tetapi ditahan untuk dapat keluar melalui jalan minyak

Fungsi dari pesawat – pesawat dibawah ini:
Zink anode pada cooler /conenserjenis sheel/tube                                             
Agar peristiwa elektrolisa terjadi antara zink sebagai anodanya dan pipa (tube )sebagai katodanya , sehingga korosi terjadi pada sheelnya.
Pompa air pada sistem air laut  
untuk mengeluarkan air yang masih bercampur garam didasar evaporatoor sehingga tidak terjadi pergolakan air saat mendidih yang akan mengakiibatkan terbawanya partikel garam kedalam uap air yang dihasilkan sehingga air tawar hasil penyulingan bebas dari campuran garam .
Furifier  
untuk membersihkan bahan-bahan dari kotoran cair dan padat dengan mengunakan prinsip yang sentrifugal.

Persamaan dan perbedaan purifier dan klarifier
Persamaan : peralatan pemisah cairan dari cairan lain dan kotoran yang tidak diinginkan memakai gaya sentrifugal.
Perbedaan purifier memisahkan bahan bakar minyak dari cairan lain dan kotoran padat .Klarifier memisahkan bahan bakar inyak dari kotoran padat saja.

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang fungsi rheostat yang ada di anjungan dan di mesin kemudi pada instalasi mesin kemudi jenis listrik.
Rheostat adalah tahanan geser. Fungsi rheostat dianjungan dan di kamar mesin kemudi adalah untuk membangkitkan adanya beda potensial antara keduanya dan menimbulkan arus yang dapat menggerakkan motor penggerak kemudi, saat posisi penunjukan sudut di anjungan belum sama dengan penunjukkan susdut daun kemudi. Penggeseran reostat di anjuungan dilakukan oleh roda kemudi dan yang di kamar mesin kemudi oleh motor penggerak kemudi. Pada saat kedua posisi sudut tercapai maka tak ada lagi arus yang mengalir.

Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan agar kerja dari instalasi mesin kemudi jemis elektro-hydroulik lancar
- Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap mesin kemudi jenis elektro hidroulik :
- Jangan sampai ada udara yang masuk kedalam sistem, cerat selalu setiap saat
- Jangan sampai sistem kosong, isi selalu dalam keadaan penuh
- Bersihkan selalu saringan-saringan

Apa yang harus diperhatikan pada sistem kemudi jenis hidrolik:
1.Jangan ada udara masuk kedalam  sistem, karna akan menyebabkan gerakan respon mesin kemudi  menjadi kurang cepat
2. Jangan ada kotoran / air  terbawa bersama minyak hidrolik mengakibatkan saluran akan terhambat dan juga akan mengalami korosi
3. Sistem harus dijaga level olinya
4. Sistem haruslah dijaga dari segala kebocoran.

Kelebihan dari F.W.G tekanan rendah:
a.Penghasilan lebih tinggi
b.Tidak berbahaya
c. Tidak memerlukan boiler
d. Menaikan daya guna (Rendemen Instalasi)
*Kelebihan Heat Exchanger tipe Plate dibanding tipe shell and tube:
1.Perpindahan panas lebih merata
2.Konstruksi lebih kokoh (karna terbuat dari bahan titanium)
3.Mudah dalam perawatan
4. Praktis tidak memakan tempat.
5. Kapasitas pendinginan / pemanasan dapat diatur dengan mengurangi / menambah plat tersebut.

Perbedaan sistem pendinginan langsung dan sistem pendingina tak langsung pada provision refrigerator:
1.Pendinginan langsung Evaporator berada didalam ruang pendingin bahan makanan
2.Pendingin tak langsung:Evaporator ditempatkan terpisah /diluar ruang pendingin bahan makanan

Tiga (3) metode pembersihan minyak:
1.Cara Pengendapan:
 Dengan cara yg sederhana dengan menggunakan gaya gravitasi,dimana zat cair dengan berat jenis terbesar berada dipaling bawah,dan berat jenis sedang paling atas dengan berat jenis terkecil.
2.Cara Penyaringan:
Cara ini membutuhkan media flter/saringan, bersih tidaknya bergantung pada halus dan kasarnya saringan
3. Cara Pemurniaan:
Cara memurnikan cairan dari kotoran endapan atau cairan lain , sehingga didapatkan cairan yang diinginkan saja.

Gambar sederhana mesin pendingin (pressure refrigerator disertai ket dan nama bagiannya.

Perbedaan sistim pendingin langsung dan tak langsung pd provision refrigrator.
-Tak langsung : Evaporator berada terpisah dgn ruang di luar  pendingin  bahan makanan.
-Langsung : Dimana evaporator berada didlm ruang pendingin  bahan makanan.:

Fungsi komponen pendingin  sbb:
a.Katup expansi :
Mengatur jumlah dan mengexpansikan zat pendingin yg masuk kedlm evaporator atau menurunkan tekanan tinggi cairan menjadi tek rendah.
b.Filter Drier :
Sebagai filter utk menyaring(menterap) air yg terikut dlm udara  Refrigen(Freon).
c. Oil separator :
 Mengontrol minyak pd kompresor supaya tdk terbawa dgn freon sebelum dialirkan ke  kondensor.
d. Thermostat :
Mengatur saat pengaliran aliran refrigrant sesuai dgn yg dikehendaki.
e. Pressosat :
Utk mendeteksi tekanan pd sustu aliran.

Pesawat pendingin minyak lumas (Lo. cooler) umumya jenis shell dan tube.




  






KETERANGAN LO (CULLER)
1.Body shell tube
2.Tube/pipa
3.Buffle/sekat
4.Zink anode
5.Inlet manifol
6.Discharge maniful
7.sea water inlet manifol
8.sea water outlet manifol
9. Culler.

Fungsi dr buffle pd LO coller tsb :
- Mengarahkan media yg diproses sehingga mengalami pemerataan pemindahan panas.
- Memperkuat susunan pipa-pipa.
- menambah luas permukaan lbh merata.













Gambar  mesin kemudi Hydrolik
Sketsa sebuah freswater genertor (FWG)
a.Generator jenis tekanan rendah (Vakum) yg menggunakan media pemanas  air pendingin mesin induk  dan nama bagiannya ;



KETERANGAN:
1.Eliminator
2.Kondensor
3.kondendat
4.Evaporator
5.Brain
6.Air laut udara
8.ejector
7.air laut brain
9.pompa air laut
10.tank air tawar
11.air laut
12.air tawar pensingin M/E
13.pompa kondensat
                                                                                    14.Salinometer
                                                                                    15.Buge.
b.Mengapa instalasi harus divakum terlebih dahulu ?
-Untuk cair dan uap jenuh temperature penguapan sangat tergantung dgn tekanan permukaanya,makin tinggi permukaan cairan maka akan makin tinggi suhu permukaannya.,sebaliknya makin rendah permukaannya makin rendah suhunya, penguapan maka dgn mengvakum penguapan air tidak perlu uap yg dihasil ketel uap yg dihasil ketel uap yg membutuhkan bahan bakar cukup dgn air pendingin yg keluar dr mesin induk .

c.Kelebihan dr FWG tekanan rendah :
1.Pada ukuran yg sama produksi persatuan waktu lebih besar.
2.Media penguap tidak perlu menggunakan uap melanikan cukup mengunakan air tawar pendingin mesin induk sehingga lebih hemat.

3.Terangkan fungsi komponen mesin pendingin :
a.Kompresor :Suatu pesawat yg menghisap gas pendingin dari evaporator yg kemudianakan di kompresikan didalam silinder untuk menaikan  tekanan dan suhunya ked lm kondensor.
b.Evaprator
Sebuah pesawat yg dapat merubah bentuk cair suatu media menjadi uap / gas

Sebutkan jenis2 Heat exchanger  yg digunakan diatas kapal :
a.LO culler
b.FO Heater
c.FW Culler
d.Steam condenser
e.Refrifgrator condenser
f.Ekonomiser
g.evaporator
h.Condensor.

Kelebihan dr Heat Exchanger Tipe plat disbanding Tipe shell dan tube :
1. Tidak memakan tempat
2.Mudah perawatannya
3.Pada ukuran yg sama kapasitas pendingin lebih besar
4.Dapat diukur kapasitas pendinginya.


Komentar

Posting Komentar